Qurban

Praktis, Kini Berqurban Bisa Dilakukan Secara Online

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap tanggal 10 Dzulhijah, umat Islam di dunia merayakan hari raya Idul Adha atau dikenal pula dengan nama hari raya qurban. Pada hari tersebut umat Islam yang memiliki kemampuan berqurban dengan cara menyembelih hewan ternak. Penyembelihan ini merupakan simbol ketaatan orang Muslim kepada Allah SWT.

Pelaksanaan penyembelihan sendiri biasanya dilakukan setelah salat Idul Adha dengan ketentuan dan syarat tertentu sesuai dengan syariat. Umumnya, hewan yang diqurbankan merupakan hewan ternak seperti kambing dan sejenisnya, sapi dan sejenisnya, serta unta.

Hewan tersebut harus cukup umur (dewasa) dan tidak cacat atau memiliki penyakit. Bagi yang mampu, berkqurban merupakan sarana untuk membersihkan harta. Karena selain dimakan sendiri, qurban juga bisa dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Seiring berkembangnya teknologi, aktivitas berqurban sudah bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Sebab beberapa tahun belakangan, banyak sekali lembaga dan organisasi yang menyelenggarakan qurban secara online. Sistem semacam ini tentu saja akan mempermudah niat mereka yang ingin beribadah.

Lalu, apa sebenarnya qurban online 2019 ini?

 

Tentang Qurban OnlinePraktis, Kini Berqurban Bisa Dilakukan Secara Online

Pelaksanaan qurban online pada dasarnya sama dengan yang bersistem konvensional. Kamu hanya perlu menyetorkan sejumlah uang pada sebuah lembaga atau organisasi penyelenggara tepercaya untuk membeli hewan yang akan diqurbankan. Biasanya penyelenggara akan menyediakan daftar harga dan jenis hewan yang bisa dipilih.

Setelah melakukan transfer, hewan yang dipilih akan disembelih sesuai syariat setelah salat Idul Adha. Setelah selesai, daging qurban dari hewan yang kita beli akan dibagikan secara merata ke orang-orang yang membutuhkan di daerah terpencil. Secara ekonomi, qurban semacam ini tentu saja praktis.

Untuk meyakinkan calon pequrban, lembaga atau organisasi terkait senantiasa memberitakan proses penyembelihan hingga daging sampai ke mereka yang membutuhkan. Beberapa organisasi juga berpedoman pada Quran dan hadis sehingga syarat hewan qurban serta proses penyembelihan sesuai dengan syariat.

Baca juga:
4 Tips Beli Hewan Qurban Online Tepercaya
Kelebihan Qurban Online di Kitabisa

 

Hukum Qurban Online

Praktis, Kini Berqurban Bisa Dilakukan Secara Online

Banyak ulama yang berpendapat bahwa qurban online diperbolehkan sebab tidak ada dalil yang menyebutkan dengan jelas tentang larangan untuk hal ini. Sama seperti qurban konvensional, berqurban secara online hukumnya sunnah muakkad. Artinya sangat dianjurkan bagi yang memiliki kemampuan.

Bedanya, bila selama ini ketika berqurban secara konvensional yang berqurban akan mendapat 1/3 bagian dari daging. Pada qurban online, yang berqurban tidak akan mendapatkan daging hasil penyembelihan. Meskipun tidak umum, tetapi secara syariat hal ini diperbolehkan.

Seperti qurban konvensional, sebelum qurban online 2019 umat Islam juga disunahkan untuk tidak memotong kuku dan rambut sampai hewan disembelih.

 

Manfaat Qurban Online 2019

Praktis, Kini Berqurban Bisa Dilakukan Secara Online

Meskipun prosesnya tidak “lazim,” berqurban online tetap memiliki manfaat sebagaimana qurban konvensional. Bahkan jika berqurban secara online, jangkauan penerima daging hewan yang disembelih lebih luas. Lembaga yang bertanggung jawab sebagai penyelenggara biasanya akan membagikan daging ke daerah-daerah yang tidak memiliki masjid dan terpencil.

Jadi, apa kamu tertarik untuk berqurban secara online? Jika iya, pastikan untuk memilih lembaga tepercaya yang sistemnya berpedoman pada syariat dan tuntunan Rasulullah. Salah satu yang sering direkomendasikan adalah Kitabisa. Melalui lembaga yang berbasis online ini, kamu bisa berqurban sekaligus berbagi dengan mereka yang membutuhkan di daerah terpencil.

Karena basisnya online, untuk berqurban kamu juga tidak perlu repot mencari masjid. Cukup dengan melakukan transfer dari rumah, kamu sudah bisa berqurban dan menunaikan “kewajiban” sebagai seorang Muslim yang taat.


Apabila tertarik untuk qurban online 2019 melalui Kitabisa, kamu bisa langsung klik gambar di bawah ini!

banner_qurban_kitabisa

Comments are closed.