Pendidikan

Prospek Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setelah menamatkan bangku sekolah menengah atau jauh sebelumnya, kamu pasti telah memikirkan segala hal tentang perkuliahan. Apalagi jika kamu memiliki minat dan keinginan yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Semuanya kamu persiapkan mulai dari universitas yang akan dituju hingga jurusan atau bidang studi yang akan dipilih. 

Menentukan jurusan kuliah adalah hal yang paling penting ketika kamu ingin meneruskan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Butuh persiapan serta pemikiran yang matang agar kamu tidak merasa salah jurusan. Selain melihat pada bidang studi yang sesuai dengan minat, kamu juga harus melihat prospek kerja dari jurusan yang kamu ambil. Banyak yang berpikir bahwa jurusan-jurusan populer seperti ekonomi dan kedokteran membawa masa depan yang cerah. Faktanya, masih banyak jurusan yang tidak dipilih calon mahasiswa tetapi bisa memberikan masa depan yang menjanjikan. 

Dalam beberapa kasus, mahasiswa yang merasa salah jurusan ketika telah menjalani perkuliahan disebabkan karena kurang informasi. Ketidaktahuan mereka akan minat dan bakat yang dimiliki serta prospek jurusan kuliah yang menjanjikan, menjadi dua faktor yang menyebabkan mereka merasakan hal tersebut. 

 

5 Jurusan Kuliah dan Peluang Kerjanya

Untuk memberikan gambaran bagi kamu yang berminat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, berikut ini adalah beberapa daftar jurusan kuliah yang menjanjikan. Yuk simak berikut ini!

  1. Jurusan Sastra

    peluang kerja jurusan sastraMungkin banyak orang yang tidak mengetahui prospek kerja dari jurusan sastra. Bahkan sebagian dari mereka mengatakan bahwa jurusan sastra akan berakhir menjadi guru. Memang tidak ada yang salah dari pendapat tersebut, tetapi faktanya jurusan ini merupakan jurusan memiliki peluang kerja lebih luas. Selain menjadi tenaga pengajar bahasa, jurusan sastra memberikan mahasiswa peluang menjadi editor atau penyunting bahasa, jurnalis, penulis, sastrawan, pustakawan akademik, penerjemah, hingga ahli bahasa.
    bantu kuliah

  2. Jurusan Bisnis dan Pemasaran

    peluang kerja jurusan bisnisHampir semua sektor bisnis dan pemasaran berhubungan dengan ekonomi, sehingga banyak orang yang mengira ketiganya merupakan satu bidang studi yang sama. Jurusan bisnis dan pemasaran berada dalam satu rumpun bidang studi ekonomi. Namun, terdapat perbedaan di dalamnya. Jurusan bisni lebih memfokuskan mahasiswanya untuk menganalisis kekuatan bisnis dan memberikan solusi atas segala masalah ekonomi yang ditemukan, serta menentukan cara yang lebih baik untuk memberikan keuntungan yang maksimal. Sementara jurusan pemasaran mempersiapkan mahasiswanya unggul dalam menjual dan promosi. Kedua jurusan ini memiliki peluang karir yang sangat luas sehingga dapat menjadi salah dua pilihan.

     

  3. Jurusan Matematika

    jurusan matematikaKetika mendengar kata matematika, beberapa orang pasti sudah membayangkan banyaknya masalah angka yang harus dipecahkan. Matematika adalah ilmu tentang angka dan perhitungan secara tidak langsung, yang prinsipnya dasarnya dekat dengan pemikiran kita terhadap dunia sekitar. Selain menghitung angka, jurusan matematika juga memberikan peluang kerja sebagai analisis riset pasar, penasihat keuangan, ahli statistika, aktuaris, serta penaksir biaya.

    Baca juga:
    Penjelasan Sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal
    Beasiswa Kuliah, Salah Satu Cara untuk Penuhi Biaya Pendidikan

     

  4. Jurusan Rekayasa Sistem

    jurusan rekayasa sistemMungkin banyak yang belum mengetahui tentang bidang studi rekayasa sistem. Rekayasa sistem adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara pengembangan sistem yang berkaitan dengan Teknologi Informasi. Di era digital seperti saat ini, rekayasa sistem menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan karena memiliki peluang kerja sangat banyak. Prospek kerja jurusan ini antara lain programmer, software engineering, web engineering, system analyst, hingga game developer.

     

  5. Jurusan Fisika

    peluang kerja jurusan fisikaFisika merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan karena peluang kerjanya juga sangat luas. Jurusan ini menerapkan ilmu di berbagai industri, seperti ilmu penelitian, ruang dan astronomi, kesehatan, serta rekayasa. Mahasiswa yang mengambil jurusan fisika memiliki prospek kerja menjadi ilmuwan, programmer, bekerja di perusahaan minyak dan gas atau perusahaan energi, serta menjadi ahli teknik listrik

 

Demikian beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk menentukan bidang studi perguruan tinggi. Semua kembali lagi kepada minat dan bakat yang sesuai dengan diri kamu. Pertimbangkan dan persiapkan segala hal sebelum menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang akan kamu tuju. Yuk, mulai rencanakan dari sekarang!


Banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena besarnya UKT atau BKT yang harus dibayarkan. Kamu bisa bantu mereka yang kesulitan membayar biaya kuliah dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu mereka, klik gambar di bawah ini!

banner_bisakuliah

Comments are closed.