Press Release

Sumbang.in Salurkan 1,5 Ton Bantuan untuk Korban Gempa Palu-Donggala

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jakarta, 7 November 2018 – Situs galang dana Kitabisa.com melalui Sumbang.in telah berhasil mengumpulkan 1,5 ton barang yang akan didonasikan untuk membantu korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Dimulai pada awal Oktober, kegiatan ini berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan RPX Pionir Pengiriman Logistik Terpadu (One Stop Logistics) sebagai perusahaan pengiriman barang.

 

Antusiasme Masyarakat Berdonasi di Sumbang.in Tinggi

Sumbang.in

Adanya kolaborasi antara Sumbang.in, ACT dan RPX ini ternyata disambut baik oleh masyarakat sebagai pilihan untuk berdonasi bagi warga Sulawesi Tengah. Hal ini terbukti dengan kapasitas barang bantuan yang terkumpul melebihi dari target yang ditentukan.

“Terhitung per tanggal 1 November 2018, barang yang terkumpul mencapai 1515,8 kg atau lebih dari 1 ton. Barang yang terkumpul berupa beras, susu, makanan bayi, baju hangat, perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi, dan pakaian baru. Nantinya, barang-barang ini akan disalurkan ke sejumlah titik lokasi pengungsian,” jelas Firdhaussi, Product Owner Sumbang.in, dalam konferensi pers yang digelar Rabu (7/11) di Jakarta Selatan.

Sosialisasi pengumpulan barang melalui Sumbang.in memang gencar dilakukan di berbagai sosial media, seperti Twitter dan Instagram. Untuk menyumbang barang, masyarakat bisa mengisi formulir di website Sumbang.in. Selanjutnya, barang akan dijemput oleh ojek online.

“Jadi donator kita cuma sumbang saja, nanti kita yang gerak (untuk ambil barangnya),” tambah Firdhaussi.

 

Penyaluran Bantuan melalui Jalur Darat dan Udara

Sumbang.in

Setelah barang-barang terkumpul, tim RPX akan menyalurkannya kepada para pengungsi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Kami turut prihatin dengan musibah yang terjadi di Donggala, Palu. Hal ini menjadi duka bagi kami. Sebagai perusahaan logistik yang memiliki jangkauan ke seluruh Indonesia, termasuk Palu, RPX tergerak membantu saudara-saudara kita disana melalui kerjasama dengan Kitabisa.com dan ACT,” ucap Hallira Husin, Corporate Communication RPX.

Pada tanggal 3 November 2018, tim RPX dan Kitabisa.com bertolak ke Palu untuk melihat kondisi para korban bencana dan menyalurkan seluruh bantuan tersebut melalui jalur udara dan dilanjutkan melalui jalur darat. Selanjutnya, bantuan tersebut akan disalurkan oleh ACT ke sejumlah titik pengungsian di Palu.

 

Fase Pemulihan Pengungsi Palu dan Donggala

Sumbang.in

Upaya pendampingan dan pemulihan terhadap korban gempa Palu dan Donggala masih terus dilakukan hingga sekarang.

“Memasuki fase pemulihan, ACT telah mendirikan pos pengungsi, dapur umum, serta membangun integrated community shelter (ICS) untuk meringankan duka saudara sebangsa. Dengan adanya kerja sama dengan RPX dan Kitabisa.com, kami berharap bantuan  berupa natura memenuhi kebutuhan dasar pengungsi di Palu, Sigi dan Donggala,” jelas Mukhti, Direktur Partnership ACT.

Meski program penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Sulawesi Tengah ini telah berakhir, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi kembali di kegiatan serupa. Pasalnya, para korban bencana di Sulawesi Tengah ini masih dalam pemulihan yang tentu saja waktunya tidak hanya sebulan atau dua bulan saja.

 

Mengenal Sumbang.in sebagai Cara Donasi TerbaruSumbang.in

Sumbang.in merupakan website yang khusus bertujuan untuk menjaring donatur yang ingin menyumbangkan barang bekasnya secara online. Nantinya, barang bekas yang disumbangkan ini akan dijual dan hasil penjualannya akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan, seperti panti asuhan, panti jompo, orang sakit, pembangunan rumah ibadah, fasilitas pendidikan, dan bidang lainnya yang berkaitan dengan kegiatan sosial.

Kemudahan yang ditawarkan dengan menyumbang barang lewat situs ini adalah kita tidak perlu repot-repot mengantarkan barang ke lokasi, karena akan ada tim khusus dari Sumbang.in yang siap mengecek dan melakukan penjemputan barang sesuai dengan alamat yang tertera di form aplikasi. Tak perlu khawatir, Sumbang.in dikelola secara transparan dan donatur akan menerima laporan penyaluran barang.

 

View this post on Instagram

 

Cara kerja Sumbang.in Info lebih lanjut cek website sumbangin yah (tautan ada di bio) #sumbangin

A post shared by Sumbang.in (@sumbang.in) on

Sumbang.in menerima segala jenis sumbangan barang bekas yang kondisinya masih layak. Bisa berupa pakaian layak pakai, mainan anak, perkakas dan furniture rumah, buku bacaan, alat elektronik, item fashion (tas, sepatu, dll), perlengkapan ibadah, perlengkapan kantor, alat dapur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupa follow Instagram Sumbang.in untuk update terbaru ya!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons