Ramadhan

Target Amalan Buat Ramadhan Produktif

Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk mengumpulkan pundi-pundi pahala dengan lebih banyak. Pasalnya bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adalah dilipatgandakannya nilai dan pahala atas amalan dan ibadah yang dilakukan.

Oleh karena itu, umat muslim pun berlomba-lomba membuat target Ramadhan untuk memperoleh keistimewaan ini. Amalan yang dilakukan pun tak jauh berbeda dengan amalan sehari-hari meski ada sebagian di antaranya yang hanya dapat dilakukan saat Ramadhan. Adapun beberapa amalan yang banyak dianjurkan adalah sebagai berikut.  

 

4 Target Amalan Ramadhan

  1. Salat Tarawih

    Salat tarawih hanya dapat dilakukan dalam satu bulan saja sepanjang tahun. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk melakukan salat tarawih sebagai target Ramadhan tahun ini.
    Sebisa mungkin, lakukanlah salat tarwih selama satu bulan penuh. Hal ini tak lain karena keistimewaan di setiap salat tarawih sejak hari pertama hingga terakhir berbeda-beda. Bahkan, ada malam-malam tertentu yang menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa.
    Kamu pun tidak harus melakukan ibadah ini secara berjamaah. Bila situasi dan kondisinya tidak memungkinkan, kamu juga dapat melaksanakannya sendiri di rumah sekalipun. Adapun jumlah rakaat salat tarawih adalah sebanyak 11 rakaat (mengikuti seperti yang biasa dilakukan Nabi Muhammad SAW) atau 23 rakaat (mengikuti seperti yang biasa dilakukan Umar bin Khattab).

  2. Target Ramadhan untuk Sedekah

    Memperbanyak sedekah juga menjadi amalan yang banyak dianjurkan untuk dilakukan saat Ramadhan. Keistimewaan ibadah ini pun sangat beragam, antara lain dapat menghapus dosa, memberi naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta, dan lain-lain.
    Bentuk sedekah yang diberikan pun beragam. Seperti contoh, kamu dapat berbagi iftar kepada orang-orang yang sedang berpuasa sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Kamu pun dapat membagikan sebagian rezeki ke kaum dhuafa dan fakir miskin dalam bentuk uang seperti biasa.
    Namun, sedekah memang tak harus soal materi. Kamu tetap bisa bersedekah dengan cara lain meski tak mengeluarkan sepeser pun dari kantong seperti dengan cara ikhlas membantu seseorang, tersenyum tulus, berbagi ilmu, dan lain-lain.

  3. Tadarus Al-Quran

    Al-Quran juga diturunkan pada Ramadhan, tepatnya di malam ke-17. Hal ini pula yang menjadi salah satu semakin disarankannya melakukan tadarus selama bulan penuh berkah ini.
    Balasan untuk membaca Al-Quran dalam Ramadhan pun tak main-main. Satu huruf dalam Al-Quran akan diganjar dengan 10 kebaikan. Bahkan bagi muslim yang masih membaca dengan terbata-bata, akan diberikan 2 pahala sebagai balasannya.
    Agar lebih maksimal, kamu bisa membuat target Ramadhan dengan menyelesaikan mengaji 30 juz. Namun jika hal ini masih terlalu berat, kamu bisa melakukannya sesuai kemampuan. Setidaknya, kamu bisa mencoba untuk merutinkan membaca Al-Quran setiap hari selama satu bulan penuh walau tak terlalu panjang.

  4. Memperbanyak Zikir

    Ramadhan memberi atmosfer yang begitu kuat untuk membuat seorang hamba semakin mendekat kepada-Nya. Untuk menjaga diri dari hal-hal yang mungkar dan dapat membatalkan puasa, kamu bisa membentengi diri dengan terus berzikir.
    Perbanyaklah istighfar dan kalimat-kalimat suci lainnya. Pastikan bahwa dalam setiap pengucapannya pun benar-benar kamu khidmati. Cara ini juga dapat membantumu merasa tenang sepanjang waktu.
    Selain berzikir, panjatkan pula doa-doa yang baik. Meski dapat melakukannya kapan pun, rupanya ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa saat Ramadhan. Adapun waktunya adalah saat berbuka (sebab seseorang yang sedang berbuka setelah berpuasa memiliki doa yang tak dapat ditolak), sepertiga malam terakhir, dan beristighfar di waktu sahur.

Itulah beberapa amalan yang dapat kamu jadikan target Ramadhan untuk mendulang pundi-pundi pahala. Karena kesempatan ini sangat jarang terjadi, yuk mulai dipersiapkan dari sekarang!


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago