Qurban

Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul Adha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim melaksanakan salat Id dan juga menyembelih hewan qurban. Dengan berqurban, Allah memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Ibadah ini memberikan manfaat dan memiliki keutamaannya tersendiri bagi mereka yang melaksanakannya. 

Hukum menyembelih hewan qurban adalah sunnah muakkad. Sunnah muakkad artinya ibadah ini dianjurkan dengan penekanan yang hampir mendekati wajib. Mereka yang memiliki harta berlebih dan mampu, diwajibkan untuk qurban. Sementara bagi mereka yang kurang mampu, kewajiban dari qurban akan gugur. 

 

Tips Menyimpan Daging Qurban Idul Adha

Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul Adha

Hari Raya Idul Adha tidak akan lepas dari hidangan daging. Di Indonesia, hewan qurban Idul Adha yang disembelih umumnya adalah sapi dan kambing. Daging qurban nantinya dibagikan kepada seluruh masyarakat. Beberapa orang memilih untuk segera memasak daging tersebut karena khawatir dagingnya akan membusuk. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar daging qurban Idul Adha bertahan lama dan tidak cepat membusuk.

Berikut ini adalah tips untuk menyimpan daging qurban agar tetap segar dan tahan lama:

  1. Simpan Daging Tanpa Perlu Mencucinya

    Kebanyakan orang pasti akan mencuci daging qurban Idul Adha sebelum disimpan. Faktanya, mencuci daging justru akan memasukkan kuman ke pori-pori daging dan merusak kualitasnya. Jika disimpan dengan kondisi kuman sudah masuk, daging qurban akan lebih cepat membusuk.

  2. Masukkan ke Freezer

    Salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat daging qurban Idul Adha tetap awet adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer atau lemari pendingin.Simpan daging dalam wadah kedap udara sehingga kualitasnya tetap terjaga dengan baik dan bakteri tidak dapat masuk ke dalamnya.

  3. Rebus Daging Terlebih Dahulu

    Sebelum menyimpan daging qurban, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu supaya daging bisa bertahan lebih lama. 

  4. Cairkan Daging dengan Suhu Normal

    Jika daging dalam keadaan beku dan kamu hendak memasaknya, lebih baik cairkan daging dengan meletakkannya di suhu normal. 

Baca juga:
6 Makna Idul Adha yang Perlu Kamu Ketahui
Berikut Jenis Sapi Qurban yang Bisa Kamu Pilih

 

Olahan Daging Qurban Idul Adha 

Daging qurban yang telah dibagikan biasanya diolah menjadi sate, gulai dan, rendang. Tapi, selain menu tersebut kamu bisa mencoba untuk buat olahan daging yang baru. Tidak perlu repot-repot karena masaknya mudah dan bahan-bahannya juga sederhana. 

  1. Nasi Goreng Kambing

    Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul AdhaMakanan nasi goreng menjadi menu yang disukai oleh banyak orang. Kali ini, nasi goreng juga bisa disajikan dengan olahan daging qurban Idul Adha. Bahan-bahan yang cukup sederhana seperti bawang putih dan merah, garam, merica, kecap dan nasi, bisa diolah dengan tambahan potongan daging kambing. 

  2. Sushi

    Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul AdhaKalau biasanya sushi terdiri dari sayuran dan daging ikan mentah, kini bisa kamu ganti dengan daging qurban Idul Adha. Bahan yang perlu disiapkan hanya nasi ketan atau nasi putih, serta sayuran-sayuran pelengkap, nori, dan tentunya daging qurban. Daging tersebut bisa dimasak dengan kecap atau tumis sederhana. 

  3. Semur

    Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul AdhaKamu bisa coba mengolah daging qurban menjadi semur. Makanan yang dimasak dengan pelengkap sayuran serta tambahan kecap manis ini, juga memiliki banyak manfaat. Semur disebut dapat mencegah penyakit jantung koroner dan mengatasi sembelit.

  4. Kebab

    Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul AdhaDaging qurban sebenarnya bisa diolah menjadi isian kebab atau lumpia.Jika kesulitan untuk memanggang daging, kamu bisa menumisnya dengan bumbu-bumbu. Setelah matang, siapkan kulit kebab dan sayuran pelengkap seperti tomat dan selada. Masukkan isian ke dalam kulit kebab dan jangan lupa untuk tambahkan saus serta mayonnaise.

  5. Steak

    Tips dan Ide Olahan Daging Qurban Idul AdhaMenu steak cukup mudah untuk disajikan dengan bumbu sesuai selera. Untuk bumbu, bisa kamu olah sendiri dengan bahan saus tomat, kecap, bawang bombay, lada, dan garam. Kamu juga bisa menambahkan wortel, buncis, dan kentang sebagai pelengkap.

Itulah beberapa tips menyimpan daging qurban Idul Adha agar tetap awet yang dilengkapi dengan ide masakan daging qurban yang bisa kamu olah. Jadi, tidak perlu bingung memasak ketika sudah mendapatkan daging qurban.


Sebelum memasak daging qurban, kamu bisa membeli kambing qurban dengan harga murah di Kitabisa. Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini

banner_qurban2

Comments are closed.