Waktunya Cari Berkah Ramadhan, Raih Pahala Berlipat Ganda

Ramadhan sudah ada di depan mata. Kedatangannya pun telah ditunggu oleh setiap muslim dari berbagai penjuru dunia. Bagi seorang muslim yang taat, Ramadhan adalah waktunya cari berkah. Apalagi, Ramadhan merupakan bulan istimewa yang memberi kesempatan pahala berlipat ganda.

Keutamaan Ramadhan Dibandingkan dengan Bulan-Bulan Lain

waktunya cari berkah ramadhan

Di Bulan Ramadhan, setiap muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Landasan hukum pelaksanaan ibadah puasa di Bulan Ramadhan tertuang secara jelas dalam ayat Alquran Surat al-Baqarah ayat 183, yang artinya: 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”. 

Ramadhan menjadi waktunya cari berkah dan merupakan momen penting pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Islam. Bulan yang suci ini juga memiliki banyak keutamaan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain, di antaranya adalah:

1. Pahala Berlipat Ganda

Bukan tanpa alasan, Ramadhan menjadi momen setiap muslim berlomba-lomba melakukan ibadah dan berbagai jenis amalan baik. 

Allah menjadikan Ramadhan bulan yang spesial, di mana umat Muslim menganggapnya sebagai waktunya cari berkah. Setiap amalan kebaikan yang kamu lakukan di bulan ini, akan memperoleh pahala berlipat ganda. 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda, 

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim).

2. Bulan yang Penuh Berkah

Keutamaan selanjutnya dari Bulan Ramadhan adalah kesempatan memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Di bulan ini, setiap muslim akan diwajibkan berpuasa. 

Allah pun akan membuka pintu-pintu langit secara khusus untuk manusia. Keberkahan yang tidak kalah penting adalah keberadaan malam seribu bulan atau yang sering dikenal lailatul qadar.

3. Kesempatan Memperoleh Ampunan Dosa

Momen waktunya cari berkah di Bulan Ramadhan dapat pula kamu gunakan untuk meminta ampun sebanyak-banyaknya kepada Allah. Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda, 

“Sholat lima waktu dan Jum’at ke Jum’at berikutnya, Ramadhan, ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim).

Hadits tersebut secara jelas mengungkapkan bahwa Allah membuka pintu ampunan selebar-lebarnya di Bulan Ramadhan. Pintu ampunan ini bisa didapatkan oleh siapa saja, selama dia tidak melakukan perbuatan yang termasuk dosa besar. 

4. Pintu Surga Terbuka Lebar

Pintu yang terbuka lebar saat Bulan Ramadhan tidak hanya pintu langit. Di waktu yang sama, Allah juga membuka pintu surga selebar-lebarnya. Selain itu, Allah akan menutup pintu negara dan membelenggu para setan di dalamnya. Dengan begitu, umat Islam berkesempatan menjalankan ibadah tanpa ada gangguan dari setan. 

5. Memperoleh Dua Kebahagiaan

Keutamaan yang terakhir adalah kesempatan memperoleh dua kebahagiaan sekaligus. Kebahagiaan pertama adalah ketika seorang muslim menyelesaikan puasa dengan berbuka. Kebahagiaan kedua adalah ketika muslim punya kesempatan bertemu dan lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Waktunya Cari Berkah Ramadhan Lewat Sedekah

sedekah ramadhan

Waktunya cari berkah di Bulan Ramadhan bisa kamu lakukan dengan memperbanyak ibadah serta amalan kebaikan. Kamu perlu mengurangi waktu bersantai dan menggantinya dengan kegiatan ibadah seperti salat sunah, membaca kitab suci Alquran, dan yang tak kalah pentingnya adalah sedekah. 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan, “… Keutamaan sedekah adalah sedekah pada Bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari Muslim).

Sedekah merupakan jenis amalan yang bentuknya sangat luas. Kamu pun bisa melaksanakan aktivitas sedekah di Bulan Ramadhan dengan berbagai cara, seperti: 

1. Berbagi Takjil

Cara sedekah yang sangat sederhana adalah dengan ikut serta pada aktivitas berbagi takjil. Jenis makanan yang bisa kamu bagikan dalam kegiatan ini bisa berupa camilan yang disertai dengan minuman. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya. 

2. Sedekah Makanan untuk Buka dan Sahur

Waktunya cari berkah di Bulan Ramadhan bisa pula kamu lakukan dengan bersedekah makanan saat berbuka dan sahur. Tidak semua orang punya kesempatan menyantap makanan enak. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak mereka untuk sahur atau berbuka bersama. 

sedekah di aplikasi kitabisa

3. Mengajarkan Alquran

Aktivitas sedekah yang tidak kalah penting adalah mengajarkan ilmu membaca Alquran. Indonesia memang negara dengan penduduk muslim terbanyak dunia. Hanya saja, jumlah orang yang buta huruf Alquran di tanah air juga sangat banyak. 

Fakta tersebut memberi peluang bagi kamu untuk berkontribusi dalam mengurangi jumlah muslim buta huruf Alquran. Kamu bisa memilih ikut serta dalam kegiatan mengajar cara membaca Alquran atau bersedekah Alquran. 

Aktivitas sedekah di Bulan Ramadhan bisa kamu lakukan tidak terbatas di lingkungan tempat tinggal. Kamu bisa juga bersedekah untuk sesama di daerah-daerah yang membutuhkan.

Sekarang, kamu bisa berbagi kebaikan ke mana saja secara mudah lewat aplikasi Kitabisa. Mulai dari Rp1.000 kamu sudah bisa berbagi kebahagiaan untuk mereka yang membutuhkan. 

Yuk, waktunya cari berkah yang berlipat ganda di Bulan Ramadhan bersama Kitabisa!

sedekah ramadhan