5 Hal yang Membatalkan Puasa

Terdapat beberapa hal atau kegiatan yang dapat membatalkan puasa seperti muntah dengan sengaja atau makan dan minum dengan sengaja. Selain itu, ada pula hal-hal yang makruh dilakukan saat melakukan puasa.

Puasa Ramadhan 2020  memang masih cukup lama. Namun, tidak ada salahnya untuk kamu mempersiapkan segalanya untuk menyambut bulan tersebut, mulai dari persiapan materi sampai jiwa. Kamu perlu menyiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain harus memperbanyak ibadah, kamu juga harus bisa mengatur emosi pada bulan ini, karena tentu saja puasa Ramadhan menjadi ladang pahala yang berlipat untukmu.

Batal Puasa atau Makruh?

makruh puasa

Saat berpuasa, kamu pasti sering mendengar perkataan orang lain bahwa menangis, berkumur, menelan dahak, dan lain sebagainya dapat membatalkan puasa. Tidak hanya mendengarnya, kamu mungkin juga pernah mengucapkannya kepada keluarga atau teman dekatmu. Tapi, apakah hal tersebut benar-benar bisa membatalkan puasa?

Hal-hal yang membatalkan puasa terkadang memang masih menjadi perdebatan. Beberapa orang mengatakan bahwa menangis tidak membatalkan puasa, namun sebagian lagi mengatakan bahwa hal tersebut dapat membatalkan ibadah puasa karena itu berarti kita tidak bisa mengontrol emosi kita. Sebenarnya, hal-hal apa sajakah yang membatalkan puasa? Untuk tahu jawabannya, berikut penjelasan mengenai pertanyaan tersebut.

Baca juga:
Makna Puasa Ramadhan yang Perlu Kamu Ketahui
Ibadah Puasa: Ketentuan, Syarat, dan Rukun Puasa

 

Apa Saja Hal yang Membatalkan Puasa?

batal puasa

Seperti telah diketahui, terdapat beberapa hal atau kegiatan yang dapat menyebabkan puasa kita batal. Hal yang membatalkan puasa adalah perkara yang membuat nilai puasa menjadi tidak sempurna atau bahkan puasa tersebut tidak sah dan tidak mendapat pahala sedikit pun. Bisa dikatakan, puasa yang dilakukan menjadi sia-sia.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai hal-hal yang membatalkan puasa:

  1. Makan dan Minum Disengaja

Memasukkan benda seperti makanan dan minuman ke dalam mulut secara sengaja dapat membatalkan puasa. Namun, jika benar-benar lupa sedang berpuasa dan tiba-tiba tidak sengaja makan atau minum kemudian setelah itu langsung teringat, maka hal tersebut tidak membatalkan puasa dan bisa langsung melanjutkan puasanya.

  1. Jima’

Jima’ atau melakukan suami istri dengan sengaja dapat membatalkan puasa. Suami istri harus mengganti puasanya di bulan lain yang disebut dengan puasa qadha serta membayar kafarat.

  1. Muntah Disengaja

Beberapa orang mungkin pernah tidak kuat lagi menahan makan dan minum, sehingga dengan sengaja memasukkan jari ke dalam kerongkongan agar muntah. Hal tersebut jelas membatalkan puasa. Berbeda dengan orang yang sedang sakit atau mabuk perjalanan, yang tidak membatalkan puasa mereka.

  1. Memasukkan Jarum Suntik

Memasukkan benda atau hal lainnya ke dalam tubuh melalui jarum suntik dengan tujuan untuk mengenyangkan sudah jelas dapat membatalkan puasa.

  1. Haid dan Nifas

Bagi wanita yang sedang haida atau nifas, mereka tidak diperbolehkan berpuasa atau dengan kata lain puasa mereka batal hingga bersih dari haid atau nifasnya.  

 

Hal-hal Makruh Saat berpuasa

tidur saat puasa

Selain hal-hal yang membatalkan puasa, terdapat pula perkara makruh saat berpuasa. Makruh adalah perbuatan yang tidak menimbulkan dosa atau batal apabila dilakukan, namun berdampak pada berkurangnya nilai ibadah yang kita lakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh hal makruh saat berpuasa:

  1. Berkumur-kumur yang berlebihan
  2. Menyikat gigi setelah  tergelincirnya matahari atau setelah masuk waktu dzuhur
  3. Mencicipi masakan meskipun tidak ditelan
  4. Tidur terlalu lama
  5. Berbekam

Sudah tahu kan mana saja hal yang akan membatalkan puasa atau perbuatan makruh saat berpuasa? Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan puasa Ramadhan 2020   bisa lancar dan lebih sempurna dari puasa sebelumnya.


Kamu juga bisa menyempurnakan ibadah puasamu dengan bersedekah untuk saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan bantuan. Kamu bisa bersedekah dengan cepat dan mudah. Caranya, klik gambar di bawah ini:banner_donasi_sedekah