Ramadhan

Penyempurna Ibadah di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim. Pada bulan ini, banyak berkah dan hikmah yang dapat kita ambil. Setiap amalan yang dilakukan akan dilipat gandakan. Itulah mengapa umat muslim selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah mereka pada bulan Ramadhan. Beribadah sesuai dengan sunnah yang disarankan pahalanya akan digandakan oleh Allah SWT.

Sudah semestinya kita melakukan kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadhan. Selagi kita mampu dan memiliki waktu, manfaatkanlah bulan Ramadhan untuk melakukan hal-hal yang baik. Dengan begitu, Allah SWT akan melimpahkan pahalanya untuk mereka yang berbuat kebaikan.

 

Ibadah di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Banyak hal bermanfaat yang dapat kita lakukan untuk melengkapi ibadah puasa di bulan Ramadhan. Contohnya adalah melakukan ibadah sesuai sunnah rasul di bulan Ramadhan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan ibadah puasa.

  1. Melaksanakan Sahur

    ibadah di bulan ramadhanBeberapa orang mungkin menganggap sahur sebagai pelengkap untuk menguatkan ibadah puasa. Padahal, sahur merupakan sunnah rasul di bulan puasa lainnya. Dengan melakukan sahur, berarti kita telah melaksanakan salah satu sunnah rasul. Sahur juga memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat kita dalam menjalankan ibadah puasa serta menambah keikhlasan dalam berpuasa.

 

  1. Menyegerakan Berbuka

    ibadah di bulan ramadhanSelain melakukan sahur, menyegerakan berbukan juga merupakan suatu sunnah rasul yang mungkin belum banyak orang ketahui. Ketika waktu berbuka puasa tiba, kita disunnahkan untuk segera membatalkan puasa tersebut. Rasulullah bersabda:  “Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari)

  2. Perbanyak Membaca Al Quran

    ibadah di bulan ramadhanSeperti yang sudah sering diungkapkan bahwa ibadah pada bulan puasa pahalanya akan dilipatgandakan, begitu juga dengan membaca Al Quran. Membaca Al Quran pada bulan Ramadhan memiliki keutamaan bahwa setiap huruf yang dibaca, akan mendapat pahala sebanyak 27 kali. Tidak hanya membaca, mereka yang mendengarkan lantunan bacaan Al Quran juga mendapatkan pahala.

  3. Memberi Makan Orang yang Berbuka

    ibadah di bulan ramadhanMemberi makan orang yang berbuka merupakan salah satu sunnah rasul lainnya. Jika seseorang memberi makanan untuk orang yang berbuka puasa, maka pahala yang didapatkan akan sama dengan pahala seseorang yang berpuasa. Memberi makanan merupakan perbuatan baik yang disunnahkan oleh rasul.

 

  1. Salat Tarawih

    ibadah di bulan ramadhanSalat tarawih merupakan ibadah salat sunnah yang khusus dilakukan pada bulan puasa. Keutamaan salat tarawih terbagi dalam tiga fase, yaitu pada 10 hari pertama (Malam Rahmat), 10 hari kedua (Malam Maghfirah), malam 10 hari terakhir (Malam Itsfunminannar).

  2. Bersedekah

    ibadah di bulan ramadhanSedekah menjadi alat penyempurna ibadah puasa Ramadhan lainnya. Melakukan sedekah bisa ditujukan untuk fakir miskin, membantu saudara-saudara yang membutuhkan, atau memberi makan anak-anak yatim piatu di panti asuhan.

  3. Berdiam Diri di Masjid

    ibadah di bulan ramadhanBerdiam diri di  Masjid atau I’tikaf merupakan salah satu sunnah rasul di bulan Ramadhan yang memiliki pahala berlimpah. Umumnya orang-orang yang melakukan I’tikaf menghabiskan waktu mereka untuk beribadah kepada Allah seperti salat sunnah, membaca Al Quran, serta berdzikir.

  4. Membayar Zakat Fitrah

    ibadah di bulan ramadhanZakat fitrah adalah zakat yang ditunaikan pada bulan Ramadhan. Menunaikan zakat fitrah bersifat wajib karena dapat mensucikan dosa. Zakat fitrah dimulai ketika matahari terbenam di tanggal 1 Syawal dan berakhir tepat sebelum Iqamah Salat Ied dikumandangkan.

Demikianlah amalan-amalan yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang berbuat dan menyebarkan kebaikan.

 

Mari sempurnakan ibadah puasa Ramadhan dengan bersedekah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Melalui Kitabisa, kamu dapat bersedekah dengan cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun. Yuk, mulai berbuat kebaikan!

banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons