Bacaan Doa di Malam Lailatul Qadar

Salah satu momen penting yang paling ditunggu oleh Muslim di seluruh dunia saat puasa adalah malam Lailatul Qadar. Saat malam ini tiba dan seseorang mendapatkannya, dia akan diampuni dosanya. Artinya dosa yang selama ini dilakukan bisa habis dan kesempatan masuk surga lebih besar.

Menurut hadis, malam Lailatul Qadar tiba pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Itulah kenapa pada akhir bulan puasa Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba untuk melakukan amalan baik termasuk membaca doa Lailatul Qadar untuk menyambut keberkahan.

 

Doa Lailatul Qadar yang Sering Diucapkan

Ada dua buah doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah saat bulan Ramadhan khususnya 10 hari terakhir untuk mendapatkan keberkahan.

  1. Doa pertamanya berbunyi: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni. Doa ini memiliki arti: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.
  2. Kedua adalah doa sapu jagad yang juga sering diucapkan oleh Rasulullah saat bulan Ramadhan. Doa itu berbunyi: Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar. Doa ini memiliki arti: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka.

 

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

keutamaan lailatul qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut beberapa keutamaan yang membuat Lailatul Qadar sangat istimewa sehingga Rasulullah sekali pun memperbanyak ibadahnya.

  1. Lebih Baik dari 1000 Bulan

    Surat Al-Qadar ayat 3 menyatakan bahwa: malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Maksud dari kemuliaan ini merupakan kemuliaan ibadah salat dan puasa yang dilakukan selama 1000 bulan di luar Lailatul Qadar. Kalau kamu sampai mendapatkan Lailatul Qadar, amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan. Dampaknya, peluang memperoleh surga yang dijanjikan semakin besar.

  2. Malam Diturunkannya Al-Quran

    Pada saat malam Lailatul Qadar muncul, Al-Quran yang merupakan kitab suci bagi umat Islam di seluruh dunia diturunkan. Kondisi ini berjalan selama 23 tahun sampai ayat terakhirnya.

  3. Banyak Malaikat Turun ke Bumi

    Berdasarkan Surat Al-Qadar ayat 4: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril” Tafsir dari surat ini mengatakan kalau turunnya malaikat ke bumi merupakan tanda keberkahan. Apalagi banyak majelis yang melakukan zikir setiap saat di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

  4. Malam Saat Ibadah Tanpa Gangguan

    Salah satu gangguan terbesar dari manusia saat akan melakukan ibadah adalah bisikan dari setan atau iblis. Akhirnya kita semua jadi malas untuk melakukan ibadah yang sebenarnya wajib. Saat malam Lailatul Qadar tiba, hal-hal mengganggu seperti godaan dari setan tidak akan ada lagi. Kamu bisa melakukan ibadah dengan lebih mudah, khusyu, dan kontinu sampai Ramadhan usai sekali pun.

  5. Dosa Penerima Lailatul Qadar Diampuni

    Siapa saja yang melakukan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala Allah, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

Karena datangnya malam Lailatul Qadar tidak diketahui, ada baiknya kamu terus melakukan ibadah dengan baik. Jangan ibadah sesekali saja karena Allah suka melihat umatnya yang melakukan ibadah secara terus-menerus.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah