Cara Lakukan Sedekah Setelah Subuh di Masa Pandemi

Waktu subuh, yaitu di antara fajar dan menjelang terbitnya matahari, merupakan waktu yang istimewa dan mustajab. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak tidur lagi setelah melaksanakan salat subuh. Namun, sebaiknya kamu memperbanyak amalan sembari menunggu fajar. Salah satu amalan yang bisa dikerjakan adalah melakukan sedekah setelah subuh.

Apa itu sedekah subuh? Bagaimana caranya agar tetap bisa menyalurkan sedekah subuh meski di rumah saja? Ulasan berikut akan menjawabnya.

Pengertian Sedekah Subuh

Secara umum, sedekah merupakan kegiatan beramal dengan mengeluarkan harta untuk disalurkan pada mereka yang membutuhkan. Harta yang disedekahkan ini juga bisa digunakan di jalan Allah. Jadi, dari pengertian sedekah tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sedekah subuh merupakan sedekah yang dikerjakan setelah salat subuh.

Keutamaan Sedekah Setelah Subuh

Sedekah memang boleh dilakukan kapan saja. Namun, sedekah subuh adalah waktu terbaik karena memiliki keutamaan sebagai berikut:

1. Senantiasa Didoakan Malaikat

Dua malaikat akan selalu mendoakan amalan seseorang yang rajin bersedekah saat subuh agar orang tersebut diberikan kelancaran dan keberkahan dalam rejekinya. Namun, ketika melihat orang yang enggan bersedekah, malaikat akan berdoa agar rezeki orang tersebut ditahan.

2. Sedekah Dibalas Berlipat

Orang yang gemar bersedekah, rezekinya akan dibalas oleh Allah dengan berlipat. Balasan tersebut tidak selalu berupa harta. Namun, bisa berupa rezeki nikmat sehat, nikmat hidup tenang, dan berbagai kenikmatan lainnya.

3. Doa Mudah Terkabul

Jika kamu merasa bahwa doa yang dipanjatkan ke pada Allah mudah terkabul, maka salah satu penyebabnya adalah amalan rutin sedekah subuh.

4. Penggugur Dosa

Dalam Hadits Riwayat Tirmidzi disebutkan bahwa layaknya air yang memadamkan api, maka sedekah dapat menggugurkan dosa. Selain itu, amalan ini juga dapat memberikan ketenangan hati.

5. Pembuka Pintu Rezeki dan Harta yang Berkah

Seseorang yang gemar melakukan sedekah subuh akan dibukakan pintu rezeki dari jalan mana saja. Selain itu, Allah melimpahkan berkahnya pada harta yang dimiliki sehingga senantiasa memberikan manfaat pada pemiliknya.

Cara Sedekah Subuh dari Rumah

Pandemi COVID-19 membuat pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona. Salah satu kegiatan yang dibatasi adalah ibadah salat di masjid. Meski demikian, pandemi bukan penghalang bagi seseorang untuk melaksanakan sedekah subuh.

Ada berbagai cara untuk tetap merutinkan sedekah subuh meski tidak salat di masjid. Berikut cara sedekah subuh dari rumah:

1. Berniat dalam Hati

Salah satu syarat diterimanya amalan adalah niat yang terbesit dalam hati. Oleh karena itu, awali sedekahmu dengan niat ikhlas karena Allah.

2. Sedekah untuk Orang Terdekat

Sedekah sebaiknya dimulai dari orang-orang terdekat atau yang berada di sekitar kamu, seperti keluarga atau tetangga dekat. Sedekah pada orang terdekat ini bisa kamu berikan dengan cara berikut:

  • Mengumpulkan sedekah subuh dalam wadah atau kaleng. Setelah terkumpul dalam jumlah banyak, kamu bisa memberikannya langsung pada keluarga atau tetangga di sekitar rumah yang membutuhkan bantuan.
  • Memberikan makanan atau bahan makanan pokok pada keluarga, tetangga yang fakir, atau anak-anak di panti asuhan. Makanan ini bisa kamu berikan secara langsung atau ditempatkan pada lemari tertentu yang diletakkan di depan rumah. Kemudian beri tulisan “GRATIS! Boleh diambil siapa saja.”
  • Selain uang dan makanan, kamu juga bisa bersedekah dengan cara paling sederhana, yaitu senyuman. Berikan senyuman terbaik pada siapa pun yang kamu jumpai di jalan.

3. Sedekah Subuh Melalui Aplikasi Kitabisa

Kamu juga bisa menyalurkan sedekah subuh secara rutin melalui aplikasi Kitabisa. Sedekah subuh tersebut akan disalurkan pada fakir miskin, anak yatim, janda, dan juga untuk kegiatan keagamaan lainnya sehingga sedekahmu bisa disalurkan pada penerima yang lebih luas.

Jadi, meski pandemi, amalan rutin sedekah setelah subuh tidak akan terhenti karena kamu bisa bersedekah melalui fitur Sedekah Subuh di Aplikasi Kitabisa  dengan mudah. Kamu bisa memilih sendiri tujuan sedekah dengan nominal mulai dari Rp1.000. Setelah itu, jangan lupa menuliskan doa agar dapat diaminkan oleh orang lain.

Yuk, install Aplikasi Kitabisa dan mulai Sedekah Subuh dengan mudah setiap hari. Jangan lupa aktifkan fitur Pengingat Donasi agar kamu tidak melewatkan kesempatan sedekah setelah subuh setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *