Kesehatan

Gejala Tumor Otak yang Terjadi pada Segala Usia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tumor otak bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak dan dewasa. Meski risiko tumor otak lebih banyak terjadi pada orang tua, kita tidak ada salahnya untuk selalu waspada. Kenali berbagai jenis gejala tumor otak agar kita bisa segera memeriksakan diri dan kalau mengalaminya bisa segera mendapatkan penanganan.

 

Gejala Tumor Otak pada Dewasa 

ciri tumor otak

Tumor otak yang terjadi pada seseorang jenisnya ada banyak mulai dari yang jinak hingga yang ganas dan bersifat kanker. Meski jenisnya ada banyak, secara umum gejala yang akan muncul terdiri dari beberapa poin di bawah ini.

  • Sakit kepala

    Sakit kepala bisa terjadi pada mereka yang mengalami tumor otak. Rasa sakitnya biasanya ringan dan cukup intens saat pagi hari ketika bangun. Beberapa rasa sakit akan hilang dengan sendirinya meski beberapa butuh OTC. Sakit kepala akan muncul lagi malam hari sebelum kamu tidur. Kalau kamu mengalami batuk, bersin, atau melakukan latihan berat, nyeri yang muncul lebih besar.

  • Muntah

    Kamu biasanya akan mengalami muntah kalau sedang tidak enak badan seperti masuk angin. Kalau sedang mengalami tumor otak, perasaan ingin muntah biasanya datang begitu saja dan tidak terduga.

  • Mudah mengalami gangguan ingat

    Kepikunan mungkin umum terjadi pada orang tua yang usianya sudah lanjut. Kondisi ini juga terjadi perlahan-lahan dan tidak langsung parah. Kalau kamu mengalami tumor otak, kondisi seperti ini akan mudah terjadi, bahkan hal-hal yang sebenarnya sederhana akan mudah dilupakan.

  • Mudah bingung dan susah konsentrasi

    Kalau kamu sedang lelah, mungkin akan sulit untuk konsentrasi seperti melakukan pekerjaan atau sekadar untuk menulis atau membaca. Kalau seseorang mengalami tumor otak, kondisi ini akan muncul begitu saja.

  • Gangguan penglihatan

    Gangguan penglihatan yang terjadi adalah pandangan jadi buram atau kadang jadi dobel seperti mata silinder. Kalau kamu memiliki mata normal lalu mendadak terganggu, patut dicurigai.

  • Otot yang lemah

    Otot di tubuh akan menjadi sangat lemah khususnya otot yang ada di wajah dan juga alat gerak seperti tangan dan kaki.

  • Penurunan fungsi panca indera

    Kamu akan sulit melihat, mendengar, menyentuh, hingga mengecap.

  • Tubuh akan kebas dan mudah terasa nyeri

    Beberapa bagian tubuh akan seperti mati rasa. Namun, beberapa bagian lain justru terasa sakit saat disentuh.

Baca juga:
Mengenal Tumor Otak, Penyebab dan Dampaknya
Faktor Risiko dan Jenis Tumor Otak

 

Gejala Tumor Otak pada Anak-Anak

tumor otak pada anak

Tumor otak pada anak termasuk jarang terjadi. Di Amerika saja hanya ada sekitar 4.500 anak saja yang mengalaminya. Selain itu sekitar 72 persen diantaranya berusia di bawah 15 tahun. Tumor yang terjadi pada anak umumnya terjadi di jaringan yang berbeda dengan tumor yang terjadi pada dewasa.

Gejala dari tumor otak yang terjadi pada anak kurang lebih sama dengan jenis kanker yang terjadi pada dewasa. Tidak semua gejala terjadi dan sakit kepala adalah satu yang sering muncul.

Inilah beberapa ulasan tentang gejala dari tumor otak yang dialami oleh dewasa dan juga anak-anak. Dengan melihat beberapa gejala di atas kita akan tahu kalau tumor otak ini sangat berbahaya dan gejalanya terlihat dengan jelas. Kalau kamu merasa curiga dengan kondisi tubuh tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri.

Oh ya, penanganan dari tumor otak memang sangat panjang dan membutuhkan banyak biaya. Apalagi kalau tumor tumbuh dengan sangat cepat. 


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan tumor otak dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.