Kesehatan

Berbagai Faktor Risiko dan Jenis Tumor Otak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tumor ganas atau biasa disebut dengan kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti. Tumor adalah benjolan yang muncul akibat sel yang memperbanyak diri sendiri secara berlebihan. Penyakit ini dapat muncul ketika sel lama yang seharusnya mati namun masih terus bertahan hidup bersamaan dengan pembentukan sel baru. 

Kanker atau tumor ganas muncul akibat adanya pertumbuhan sel jaringan yang tidak normal dalam tubuh. Sel tersebut tumbuh dengan cepat, sehingga perlu penanganan yang segera. Penyakit ini dapat berkembang di pembuluh darah dan bagian tubuh lainnya. 

 

Faktor yang Mempengaruhi Munculnya Tumor Ganas

 Berbagai Faktor Risiko dan Jenis Tumor Otak

Berikut adalah beberapa faktor penyebab dari tumor ganas yang secara umum ditemukan:

  1. Umur. Semakin bertambahnya usia, maka semakin besar pula risiko terkena tumor ganas. 
  2. Lingkungan. Faktor lingkungan berpengaruh cukup besar dalam menimbulkan penyakit tumor ganas. Paparan bahan kimia atau zat beracun  seperti benzena, asbes, nikel, dan rokok dapat memicu timbulnya penyakit ini. 
  3. Keturunan. Seseorang dengan keluarga yang memiliki riwayat penyakit tumor ganas akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita penyakit ini dibandingkan dengan mereka yang tidak.
  4. Asupan makanan. Konsumsi daging berwarna merah, kurangnya makanan berserat, terlalu banyak konsumsi garam, serta kurang mengkonsumsi sayur dan buah dapat meningkatkan kemungkinan penyakit tumor ganas.
Baca juga:
5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Diwaspadai
Perjuangan Maestro Kesenian Melawan Tumor Colli

 

Jenis-jenis Tumor Ganas

 Berbagai Faktor Risiko dan Jenis Tumor Otak

  1. Tiroid

    Kanker tiroid merupakan salah satu jenis tumor ganas. Pada penyakit ini, terdapat pertumbuhan sel-sel tiroid yang tidak normal sehingga berkembang menjadi ganas. Tiroid sendiri adalah kelenjar yang terletak pada bagian depan leher. Fungsi dari kelenjar ini adalah mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme tubuh.

  2. Paru-paru

    Sebagian besar kasus kanker paru-paru yang ditemukan disebabkan oleh merokok. Selain pada perokok aktif, perokok pasif juga memiliki risiko yang besar untuk menderita penyakit ini.  Semakin besar atau banyak asap rokok yang dihirup, maka semakin besar pula risiko terkena kanker paru-paru.

  3. Usus

    Tumor ganas ini terletak di jaringan usus besar, yang disebut dengan kanker usus besar. Sementara itu, tumor ganas yang terletak di bawah usus besar dinamakan kanker rektum. 

  4. Payudara

    Kanker payudara menjadi penyakit serius yang paling sering ditemui. Dibandingkan pria, wanita memiliki risiko terserang penyakit ini lebih besar. Hal itu disebabkan karena sel kanker terbentuk di dalam saluran yang mengalirkan susu ke puting susu atau kelenjar yang memproduksi susu.

  5. Hati

    Kanker hati adalah biasanya disebabkan oleh infeksi kronis dengan penyakit seperti hepatitis B dan C, cacat dari lahir, atau karena konsumsi alkohol yang berlebihan.

Kasus Tumor Ganas

Ilham (6 tahun) sedang berjuang melawan tumor ganas. Tumor tersebut terdapat di bagian laring dan menyebabkan Ilham kehilangan pita suara sebelah kanan. Kondisi tubuh yang semakin lemah membuat Ilham kesulitan beraktivitas sehari-hari. Ilham harus menjalani serangkaian pengobatan, termasuk dua kali operasi dan transfusi darah. 

Pengobatan Ilham harus dilakukan di rumah sakit luar negeri. Biaya yang besar tidak membuat keluarga menyerah untuk kesembuhan Ilham. Galang dana di Kitabisa menjadi harapan terbesar untuk Ilham dan keluarga. Melalui galang dana ini, orangtua Ilham berharap banyak OrangBaik yang tergerak untuk membantu kesembuhan Ilham.


Kamu juga bisa bantu biaya pengobatan para pejuang autoimun dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.