Cerita #OrangBaik

Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setelah anak perempuannya didiagnosa menderita kanker tulang, Paulus nekat membawanya ke Singapura untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk memenuhi biaya pengobatan yang besar, Paulus membuat galang dana di Kitabisa. Baginya, galang dana ini menjadi harapan bagi kesembuhan putrinya.

Anak perempuan Paulus yaitu Patrice sedang berjuang melawan kanker tulang. Dokter mengatakan bahwa Patrice harus menjalani serangkaian kemoterapi. Selain itu, Patrice juga akan melakukan operasi pengangkatan kanker. Operasi tersebut akan memotong tulang kecil dan mengangkat jaringan lunak yang terkena kanker. Setelah melaksanakan operasi, Patrice juga harus menjalani kemoterapi lagi.

 

Awal Mula Penyakit Patrice

Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma

Pada awal gejala, diagnosa penyakit Patrice tidak begitu jelas. Hal itu disebabkan kanker tulang atau Osteosarkoma tidak memiliki penyebab atau gejala yang spesifik. Paulus dan istrinya, Hana, awalnya mengira bahwa penyakit yang diderita patrice adalah kelelahan pada bagian kaki atau pegal. Karena itu, akhirnya kaki Patrice dipijat namun tidak membaik akhirnya dibawa untuk fisioterapi.

Setelah melakukan fisioterapi, rasa sakit pada kaki Patrice berangsur hilang. Beberapa waktu kemudian, rasa nyeri muncul kembali dan semakin parah. Orangtua kemudian memeriksakannya ke dokter tulang dan hasilnya menunjukkan Patrice positif Osteosarkoma. Mendengar diagnosa tersebut, orangtua Patrice nekat membawanya ke Singapura untuk memastikan hasil pemeriksaan. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, hasilnya tetap sama yaitu Patrice menderita kanker tulang Osteosarkoma.

 

Kanker Tulang Osteosarkoma yang Diderita Patrice

Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma

Penyakit ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel tulang yang tidak normal. Beberapa kasus ditemukan bahwa kanker ini menyerang seluruh tulang di dalam tubuh, namun umumnya terjadi pada tulang kaki dan lengan. Kanker tulang termasuk dalam jenis penyakit yang langka karena jarang terjadi. Dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, osteosarkoma hanya ditemukan pada beberapa persen kasus. 

Baca juga:
Kanker Tulang Osteosarkoma yang Berhasil Dilawan Chacha
Cerita Zayn, Pasien Penyakit Langka pad Tulang Ekor

 

Gejala Kanker Tulang

Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma

Meskipun tanda dari penyakit ini tidak muncul secara spesifik dan terlihat seperti penyakit umum lainnya, namun ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah beberapa gejala yang harus diperhatikan:

  1. Nyeri pada tulang
  2. Bengkak pada area yang terasa nyeri
  3. Disfungsi tulang
  4. Gangguan saraf
  5. Kelumpuhan 

 

Galang Dana untuk Kesembuhan Kanker Tulang

Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma

Biaya pengobatan Patrice di Singapura tentunya tidak sedikit. Selain biaya kemoterapi, Patrice juga harus menjalani operasi pengangkatan tumor dan setelah itu masih harus menjalani kemoterapi. Paulus dan Hana percaya bahwa Patrice kuat dan bisa menjalani semua proses pengobatan. Semangat Patrice menjadi kekuatan yang besar bagi kedua orangtuanya. Meskipun kesulitan memenuhi biaya pengobatan, Paulus dan Hana tidak ingin menyerah. Penghasilan Paulus sebagai programmer lepas tidak dapat mencukupi seluruh biaya. Paulus dan Hana terpaksa meminjam pada saudara dan juga teman-teman.

Di tengah perjuangan memenuhi biaya pengobatan Patrice, salah satu teman yang merupakan pasien di rumah sakit yang sama memberitahu tentang Kitabisa. Pasien tersebut sebelumnya juga melakukan penggalangan dana di Kitabisa untuk membantu biaya pengobatan leukimia. Paulus kemudian mencari informasi lebih lanjut dan memutuskan untuk galang dana di Kitabisa. Baginya, galang dana ini menjadi sumber harapan baru untuk kesembuhan Patrice.

Sejak April 2019, galang dana untuk Patrice telah mengumpulkan donasi lebih dari Rp 100 juta. Donasi tersebut telah membantu proses pengobatan Patrice hingga sekarang. Agar semakin banyak orang yang mengetahui galang dana Patrice, Paulus dan Hana sebagai orangtua menyebarkan halaman campaign Patrice ke media sosial seperti Facebook dan beberapa grup keluarga yang mereka miliki. Dengan begitu, semakin banyak pula orang yang tergerak untuk berdonasi dan membantu kesembuhan Patrice.

 

Proses Pengobatan Kanker Tulang Patrice

Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma

Sejak dirawat di Singapura, Patrice telah menjalani beberapa tahapan pengobatan mulai dari pemasangan hickman line, kemoterapi, dan operasi pengangkatan sel kanker pada awal Agustus lalu. Operasi Patrice berjalan dengan baik dan kondisinya juga mengalami kemajuan. Meski begitu, perjuangan Patrice belum berakhir. Ia masih harus melakukan kemoterapi dan proses pemulihan lainnya.

Paulus dan Hana sangat bersyukur karena berkat dukungan dan doa para OrangBaik, Patrice bisa menjalani pengobatan hingga sejauh ini. Menurutnya, galang dana di Kitabisa menjadi bukti perjuangannya bersama istri untuk kesembuhan putri mereka.


Seperti Paulus yang menggalang dana untuk putrinya, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang butuh bantuan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.