Ini Hikmah dan Keutamaan Membaca Al Quran

Jika ada satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat muslim, membaca Al Quran adalah salah satunya. Sayangnya, ibadah ini masih sering ditinggalkan dengan alasan kesibukan. Padahal ada banyak sekali keutamaan membaca Al Quran.

 

5 Keutamaan Al Quran

membaca al quran

  1. Mendapat Pahala dan Kebaikan

    Keutamaan Al Quran bagi mereka yang membacanya yang pertama adalah dianugerahkan baginya pahala dan kebaikan yang berlipat-lipat. Sabda Rasulullah:“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan disahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

  2. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

    Pada hari kiamat nanti tidak ada satu pun yang bisa menolong seorang muslim, kecuali kebaikan yang pernah ia kerjakan semasa di dunia—yang salah satunya adalah membaca Al Quran. Rasul pernah bersabda yang artinya:“Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

    “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata, ‘Tuhanku, aku telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat. Karena itu, perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Al-Qur’an pun berkata, ‘Aku telah melarangnya dari tidur pada malam hari. Karena itu, perkenankan aku memberi syafaat kepadanya.’ Lalu syafaat keduanya diperkenankan.” (HR. Ahmad, Al-Hakim, dan Ath-Thabrani)

  3. Mengangkat Derajat Orang Tua di Akhirat

    Fadhilah lain dari ibadah membaca Al Quran adalah diangkatnya derajat orang tua di akhirat, dijauhkan dari azab neraka, serta dipakaikan mahkota yang lebih indah dari cahaya matahari di dunia.“Barang siapa membaca Al Quran dan mengamalkannya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya lebih indah daripada cahaya matahari di rumah-rumah di dunia ini.” (HR. Abu Dawud)

  4. Meringankan Masalah Hidup

    Kamu sering merasa resah, galau, atau bentuk ketidaktenangan lain dalam hidup? Cobalah mulai mendekatkan diri kepada Allah dengan sering-sering membaca Al Quran. Baca perlahan dan pahami maknanya. Al Quran adalah obat yang sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit hati.“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Israa’: 82)

  5. Al Quran sebagai Cahaya Hidup

    Al Quran merupakan pedoman hidup yang akan menuntunmu menuju jalan yang lurus. Ia akan menjadi cahaya hati yang akan menghindarkanmu dari segala kegelapan dunia. Allah SWT bahkan menjanjikan karunia bagi rumah yang di dalamnya dibacakan Al Quran setiap harinya.“Hendaklah kamu beri cahaya rumah tanggamu dengan salat dan dengan membaca Al-Qur’an.” (HR. Baihaqi)

Tentu masih banyak keutamaan Al Quran bagi seorang muslim yang mengamalkannya. Yuk, mulai sekarang luangkan waktu sejenak untuk mengamalkan ibadah ini setiap hari agar hidup lebih berkah dan terarah. Selain tilawah Qur’an, kamu juga dianjurkan untuk banyak-banyak sedekah dan berzakat.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah