Jenis dan Harga Kambing Qurban Super di Indonesia

Apakah kamu sudah tahu harga kambing qurban super tahun ini? Kambing menjadi hewan populer yang sering dikurbankan saat hari raya Idul Adha. Meski jenisnya banyak, memilih kambing bukanlah perkara mudah. Kita harus mempertimbangakan dari usia, harga kambing qurban dan ukuran. 

 

Jenis kambing super untuk qurban di Indonesia 

Berikut beberapa jenis kambing super yang kerap dijadikan untuk qurban di Indonesia. 

 

  1. Kambing Kosta

    Nama kambing kosta menjadi kandidat pertama sebagai hewan yang kerap disembelih saat Idul Adha. Meski tersebar di seluruh wilayah Indonesia, namun habitat asli kambing ini berada di Provinsi Banten, Jawa Barat.

    Kambing kosta merupakan hasil dari kawin silang antara Kambing khasmir dan kambing lokal. Ciri tubuhnya hampir sama seperti kambing lokal pada umumnya dengan warna bulu dominasi hitam, coklat tua dan hitam beraksen coklat.

    Bagian tanduk dari kambing ini sedikit melengkung dengan panjang yang tidak seberapa. Ia merupakan tipe kambing pedaging sehingga sangat cocok untuk dijadikan hewan qurban.

    Harga kambing di Banten untuk jenis kosta berada di kisaran angka Rp.2.000.000,- hingga Rp3.000.000,- untuk setiap ekornya. Harga ini masih dapat berubah seiring dengan naiknya permintaan di pasar. 

  2. Kambing Muara

    Di urutan kedua ada kambing asal daerah Muara, Tapanuli Utara yang diberi nama kambing muara. Jika dilihat dari fisik, kambing muara memiliki tubuh tegap, gagah dengan warna bulu coklat semi hitam.

    Di wilayah asalnya, kambing ini juga kerap dijadikan sebagai hewan qurban saat hari raya Idul Adha. Kualitas daging serta bentuk tubuhnya yang gagah membuat kambing ini dibanderol harga hingga mencapai Rp3.000.000,-.

  3. Kambing Etawa

    Etawa merupakan kambing asal India yang memiliki nama lain kambing jamnapari. Ciri fisik dari kambing ini dapat kalian lihat dari telinganya yang lebar, panjang dan menjuntai.

    Pada bagian dahi hingga ke bagian tulang hidung tampak seperti kepala ikan louhan. Baik jantan maupun betina, kambing ini sama-sama memiliki tanduk kecil di bagian atas dahinya.

    Kambing etawa jantan memiliki bobot sekitar 91 kg sedangkan untuk betina hanya mencapai 63 kg. Tinggi dari kambing ini rata-rata mencapai 90 hingga 127 cm.

    Saat musim qurban tiba, harga kambing ini mengalami kenaikan. Harga kambing etawa jantan usia 3 – 6 bulan tembus hingga  Rp3.000.000,-. Sedangkan untuk etawa betina usia 8 – 12 bulan mencapai Rp3.500.000.- . 

  4. Kambing Kacang

    Kambing kacang, jenis hewan qurban yang satu ini masuk dalam kategori kambing ras kelas unggul. Berat tubuhnya mencapai 30 kg dengan tinggi mencapai 65 cm.

    Kambing kacang adalah induk dari kambing jenis jawarandu yang telah dikembangbiakan di Indonesia hingga saat ini. Ciri tubuhnya tergolong cukup kecil dengan jenis telinga yang tegak.

    Untuk masalah harga, kambing kacang jantan usia 3 -6 bulan dibanderol sekitar Rp1.700.000,-. Sedangkan untuk tipe betina usia 8 – 12 bulan mencapai angka Rp2.500.000,-

  5. Kambing Jawarandu

    Kambing jawarandu memiliki nama lain yaitu kacukan, bligon, gumbolo dan juga koplo. Ia merupakan hasil kawin silang antara kambing etawa, peranakan etawa dan kambing kacang.

    Jika diamati, kambing ini memiliki tubuh yang lebih kecil dengan berat tubuh yang hanya mencapai 40 kg. Kambing jawarandu juga memiliki dua tanduk kecil pada bagian atas kepala dengan bentuk telinga yang lebar, panjang dan menjuntai.

    Sama seperti jenis kambing lainnya, harga kambing jawarandu juga mengalami kenaikan. Harga kambing jawarandu di Jogja untuk tipe jantan saat ini mencapai angka Rp1.500.000,-. Sedangkan untuk tipe betina mencapai Rp1.300.000,-. 

Setelah tahu harga kambing qurban, kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban murah