Zakat

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah?

Zakat fitrah merupakan bagian dari rukun Islam, tepatnya rukun ke-4. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim baik laki-laki atau perempuan, tua maupun muda. Tidak seperti zakat-zakat lain, waktu bayar zakat fitrah sudah ditentukan. Jika dibayar sebelum atau setelah lewat waktunya, maka pahalanya tidak akan dihitung sebagai pahala zakat fitrah.

Ada beberapa pendapat ulama tentang waktu bayar zakat fitrah. Imam Syafi’i misalnya berpendapat bahwa zakat fitrah sudah bisa dibayar sejak permulaan bulan Ramadhan. Di sisi lain, Imam Malik dan Imam Ahmad berpandangan bahwa zakat fitrah sebaiknya dibayar sehari atau dua hari sebelum Idul Fitri tiba. 

 

Waktu Bayar Zakat Fitrah yang Paling Tepat

Lalu sebenarnya, kapan waktu yang terbaik untuk tunaikan zakat fitrah? Sebenarnya, zakat fitrah dapat dibayar kapan saja selama masih berada dalam bulan Ramadhan. Kalau kamu mau, kamu bisa membayarkan zakatmu sejak hari pertama menjalankan ibadah puasa dan berakhir saat takbir berkumandang menjelang Idul Fitri. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya:

“Telah bercerita kepada kami (Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza’ Al Madani) telah berkata kepadaku (Abdullah bin Nafi’ As Sha’igh) dari Ibnu Abu Zannad dari Musa bin Uqbah dan Nafi’ dari Ibnu Umar Radhiayallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah memerintahkan agar membayar zakat sebelum berangkat menunaikan ibadah salat Idul Fitri. Abu Isa berkata  bahwa hadits ini merupakan hadits hasan shahih gharib dan atas dasar ini ulama menganjurkan umat Islam agar membayarkan zakatnya sebelum berangkat salat Idul Fitri.” (HR. Tirmidzi)

Meski dalam hadits ini dianjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri, kamu tetap diperbolehkan menunaikannya lebih cepat.

 

Waktu Bayar Zakat Fitrah Berdasarkan Sejarah

Jika menilik sejarah dari zaman Rasulullah SAW, waktu yang disarankan untuk membayarnya adalah saat matahari terbenam di hari puasa terakhir, bersamaan dengan dikumandangkannya takbir Idul Fitri. Ini merupakan simbol kemenangan bagi umat Islam sehingga kamu disarankan untuk berbagi kebahagiaan dengan para mustahik zakat (orang-orang yang berhak menerima zakat). Waktu ini juga dipandang paling tepat karena esok hari (saat Idul Fitri tiba), orang-orang miskin dan anak-anak yatim juga bisa merasakan kebahagiaan yang sama dengan kita.

 

Waktu-waktu Pembayaran Zakat Fitrah

Jika diuraikan dalam poin-poin, ada beberapa pembagian waktu bayar zakat fitrah yakni:

  • Waktu yang diharuskan yakni dimulai pada awal Ramadhan hingga akhir
  • Pada waktu yang diwajibkan yakni setelah terbenamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan
  • Waktu yang lebih diutamakan yakni setelah pelaksanaan salat subuh pada akhir Ramadhan dan sebelum berangkat salat Idul Fitri
  • Untuk waktu yang dibenci (makruh) yakni saat pelaksanaan salat Idul Fitri hingga sebelum matahari terbenam di hari raya
  • Waktu yang haram yakni setelah terbenamnya matahari pada hari raya Idul Fitri.

Itulah beberapa pembagian waktu bayar zakat fitrah beserta keutamaan masing-masing waktu. Agar amalan puasa Ramadhanmu semakin lengkap dan sempurna, bayarlah zakat fitrah di waktu yang wajib atau waktu yang diutamakan.

Jika kamu mengalami kesulitan mencari waktu bayar zakat fitrah yang tepat atau mengalami kesulitan, sekarang kamu bisa melakukannya secara online. Kitabisa dengan berbagai lembaga zakat di tanah air bekerja sama untuk menampung dan menyalurkan zakatmu agar sampai kepada mereka yang membutuhkan.


Tunaikan zakat secara mudah dan cepat lewat Kitabisa. Nantinya zakat darimu akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

bayar zakat online

Comments are closed.