Berbuat Kebaikan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan. Semua ibadah dan amalan yang dilakukan selama bulan suci ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dibukanya pintu surga, hingga ditutupnya pintu neraka. Tidak salah semua umat muslim berlomba-lomba beribadah dan melakukan berbagai perbuatan baik di bulan Ramadhan. Apa saja kebaikan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat muslim? Yuk, simak.

 

Ibadah Kebaikan di Bulan Ramadhan

membaca al-quran di bulan ramadhan

  • Membaca Al-Qur’an

    Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang wajib dilakukan. Walaupun hanya membaca satu huruf, Allah SWT mengganjar umatnya dengan pahala yang banyak.
    Dalam hadis HR. At-Tirmidzi, diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

  • Berpuasa

    Ibadah wajib saat bulan Ramadhan adalah berpuasa. Selain menahan diri dari lapar dan haus, berpuasa juga harus mampu menjaga diri dari emosi, perbuatan maksiat dan hawa nafsu. Saat berpuasa, berbagai amalan yang mengikuti secara otomatis. Setiap amalan saat berpuasa akan dilipatgandakan. Dosa-dosa yang diperbuat di masa lalu akan diampuni oleh Allah SWT Dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda,
    “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

    Selanjutnya, dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,
    “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”

  • Melakukan Salat Sunnah dan Salat Malam

    Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan adalah melakukan salat sunnah dan salat malam. Rasulullah SAW menganjurkan salat sunnah dan salat malam di bulan suci, seperti salat tarawih, witir, hingga salat tahajud. Bahkan Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan salat tahajud di bulan Ramadhan dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim.  “Sesungguhnya Allah telah memfardu-kan puasa Ramadhan dan aku telah mensunnahkan bagimu salat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan salat sunnah di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.”

  • Bersedekah

    Kebaikan lainnya yang bisa dilakukan umat muslim adalah bersedekah. Allah taala menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Banyak keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan, yaitu menghapus dosa, mendapatkan naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta, dan mendapat pahala berlipat ganda.

Inilah berbagai kebaikan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Salah satu kebaikan berbuah pahala adalah bersedekah dan berzakat. Bersedekah dan berzakat sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukan keduanya melalui Kitabisa.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah