Kesehatan

Kenali Penyebab Tumor Tulang dan Cara Pengobatannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kasus terjadinya kanker atau tumor tulang memang relatif kecil dibandingkan dengan kanker jenis lain. Jumlah penderita kanker tulang hanya sekitar 5 persen dari total keseluruhan penderita tumor ganas. Meski begitu, penyakit ini memiliki dampak yang sangat berbahaya. Angka kematian dari para penderita kanker tumor sangat tinggi. 

Data dari Cancer Center Guangzhou mengungkapkan kalau kurang dari 5 persen penderita tumor tulang ganas yang mampu bertahan hidup selama 5 tahun. Persentase tersebut sedikit mengalami peningkatan menjadi antara 15 persen sampai 20 persen ketika penderita memperoleh terapi operasi. Sangat mengerikan, bukan?

 

Jenis Tumor Tulang

jenis tumor tulang jinak

Tumor tulang terbagi menjadi dua jenis, yakni jinak atau benigna serta tulang tumor ganas atau maligna. Tumor maligna, relatif tidak berbahaya karena tidak menjalar ke bagian tubuh lain. Meski begitu, jika dibiarkan, bisa mengganggu jaringan tulang serta menggantikan keberadaan jaringan sehat.

Tumor jinak sendiri terbagi menjadi  beberapa jenis, yaitu:

  1. Osteochondroma

    Tumor osteochondroma jinak menjadi jenis tumor yang paling sering muncul, terutama pada remaja usia di bawah 20 tahun. Tumor ini kerap dijumpai pada bagian tulang berukuran panjang, contohnya pada lengan serta kaki.

  1. Enchondroma

    Jenis Enchondroma menjadi jenis yang kerap terjadi pada anak-anak. Tumor maligna jenis ini sering muncul pada bagian tangan serta kaki.

  1. Osteoid osteoma

    Tumor Osteoid osteoma memiliki kemiripan dengan osteochondroma, sama-sama kecenderungan menyerang tulang panjang. Hanya saja, tumor ini punya kecenderungan menyerang mereka yang berusia lebih dari 20 tahun.

  1. Osteoblastoma

    Tipe Osteoblastoma menjadi jenis tumor yang kerap dijumpai pada tulang berukuran panjang serta tulang belakang. Kasus tumor ini banyak terjadi pada mereka yang berusia dewasa.

  1. Giant cell tumor

    Jenis Giant cell tumor dapat diketahui dari ukurannya yang besar. Tumor ini biasanya ditemukan pada bagian kaki.

Baca juga:
Harapan Kesembuhan Kanker Tulang Osteosarkoma
Galang Dana Pengobatan Kanker Tulang Osteosarcoma

 

tumor tulang maligna adalah

Sementara itu, jenis tumor maligna dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe, yaitu:

  1. Osteosarcoma

    Tumor Osteosarcoma kerap menyerang pada usia anak serta remaja. Tipe ini kerap dijumpai menyerang bagian paha, tulang kering, serta lutut.

  1. Sarkoma ewing

    Jenis Sarkoma ewing juga menjadi jenis yang perlu diwaspadai, kerap menyerang anak serta remaja dengan usia 5 sampai 20 tahun. Biasanya, sarkoma ewing muncul pada lengan atas, kaki bagian bawah dan atas, serta tulang rusuk.

  1. Chondrosarcoma

    Tipe chondrosarcoma menjadi jenis tumor ganas yang menyerang bagian sel tulang rawan, dan kerap menimpa usia lanjut antara 40 sampai 70 tahun. Tumor ini sering dijumpai pada bagian panggul, pangkal paha, lengan, serta bahu.

 

Penyebab Serta Cara Pengobatan Tumor Tulang

pengobatan tumor tulang

Para ahli kesehatan dunia sampai saat ini masih bertanya-tanya mengenai faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Oleh karena itu, sangat sulit melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit ini. Apalagi, tumor berbahaya ini bisa menyerang hampir semua kalangan usia. 

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perawatan serta pengobatan. 

  • Penderita tipe jinak perlu mendapatkan pengawasan secara intensif dari dokter. Kalau diperlukan, dokter bakal memberikan asupan obat serta upaya pengangkatan tumor yang bertujuan untuk mencegah penyebaran atau gangguan ke jaringan lain. 
  • Penderita tipe ganas perlu memperoleh penanganan serius. Ada beberapa penanganan yang kerap dilakukan, disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit. Cara penanganannya dapat dilakukan dengan proses amputasi, terapi radiasi, operasi, ataupun kemoterapi. 

Tidak ada data pasti mengenai jumlah penderita tumor tulang di Indonesia. Namun, para penderitanya kerap mengalami kesulitan dalam menjalani proses pengobatannya. Apalagi, dana yang dibutuhkan sangat besar.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.