Kitabisa sebagai Tempat Sedekah Online Tepercaya

Era internet memang telah mampu mengubah gaya hidup masyarakat modern dengan drastis. Bahkan cara berdonasi juga mulai bergeser dari yang biasanya dilakukan secara offline, dengan mendatangi masjid atau panti asuhan, mulai dilakukan secara daring atau online. 

Kondisi seperti ini mendorong munculnya lembaga donasi online di internet. Banyak yang kemudian melakukan crowdfunding atau menggalang dana untuk keperluan tertentu, misalnya membantu penyembuhan penderita penyakit kronis yang kurang mampu. Sayangnya, dalam perkembangannya tidak sedikit orang yang memanfaatkan kebaikan para donatur untuk kepentingan pribadi berkedok crowdfunding ini. 

 

5 Hal Tentang Sedekah Online Tepercaya

Nah, jika demikian kamu perlu memperhatikan 5 hal berikut sebelum menyalurkan sedikit rezeki untuk berdonasi online agar mendapatkan penyalur sedekah online tepercaya.

 

  1. Mengenal Lembaga Penyalur donasi

    Sebelum memutuskan untuk berdonasi disarankan untuk secara aktif mengecek kebenaran lembaga penyalur donasi, dengan melihat profil lembaga dan yayasan tersebut. Minimal mengetahui lembaga atau yayasan tersebut bergerak dalam  bidang apa?
    Lebih baik lagi bila kamu memilih lembaga penyalur donasi yang memang namanya telah dikenal banyak orang sehingga tidak sedikit donatur memiliki pengalaman berkesan dengan lembaga tersebut. Sebaiknya cek terlebih dahulu melalui telepon untuk mengetahui kebenaran informasi yang diberikan dan usahakan memilih donasi yang berkelanjutan.

  1. Mengetahui Target Donasi

    Sebelum memutuskan untuk berdonasi perhatikan hal penting terkait target penerima donasi. Untuk mengecek kebenarannya, pastikan dengan cara menanyakan secara langsung pada pihak lembaga penggalang dana. Selain itu, lakukan googling berita apabila ternyata beritanya viral.

  1. Mengecek Kegiatan Penyaluran Bantuan Sedekah Online

    Mengecek kegiatan penyaluran bantuan sangat penting, apakah kegiatan tersebut berupa kegiatan rutin bulanan atau semesteran? Jika memang mereka memiliki kegiatan rutin, sudah sepantasnya penyalur bantuan ini bisa dipercaya. Ini disebabkan kegiatan rutin biasanya memiliki bukti dalam bentuk laporan kegiatan yang valid dalam periode tertentu.

  1. Perhatikan Rekening Tujuan Donasi

    Tingkatkan kewaspadaan dengan memerhatikan nomor rekening yang diberikan untuk mengumpulkan dana. Periksa kredibilitas lembaga melalui nomor rekening yang dipakai sehingga Anda bisa yakin sebelum mengirimkan uang donasi. Selain itu, pastikan mengecek surat izin terkait aktivitas pengumpulan dana yang biasanya dikeluarkan oleh instansi terkait secara resmi.
    Jadi, tidak disarankan mengirim uang melalui transfer bank atau jasa pengiriman uang kepada lembaga atau orang yang masih diragukan kredibilitas dan kinerjanya. Hal ini disebabkan tidak adanya jaminan perlindungan yang semestinya apabila terjadi penipuan.

  1. Mewaspadai Nama Domain yang Digunakan

    Penipu yang berkedok penyaluran dana sedekah online tepercaya akan terus mengirim SMS berhadiah mencari mangsanya.  Mereka bahkan membentuk badan amal palsu dengan membuat situs memakai domain murah agar masyarakat percaya. Waspadai domain yang aneh dan tidak lazim, seperti bantuananda.xyz, Annehelp.co.id, dan sejenisnya.
    Jadi, jangan mudah terkecoh dengan nama yang dibuat sedemikian hingga terkesan sebuah yayasan penggalangan dana resmi. Jika kurang yakin, pastikan untuk meminta masukan kerabat atau teman yang bisa dipercaya, terkait keabsahan penggalang dana online tersebut. Jangan lupa mengecek situs memakai Scam Adviser, yaitu situs untuk mengecek sebuah situs apakah asli atau resmi milik lembaga atau hanya replika buatan hingga terlihat mirip.

Nah, itulah penjelasan tentang hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk menyalurkan donasi, sehingga bisa mendapatkan lembaga penyalur sedekah online tepercaya. Jika kamu berencana untuk berdonasi online, kunjungi situs Kitabisa yang memenuhi lima persyaratan di atas sebagai  platform donasi online tepercaya. 

Kamu dapat bersedekah online dengan tenang dan dijamin uang donasi sampai pada yang berhak. Silakan kunjungi situs Kitabisa, dengan sekali klik kamu sudah bisa bersedekah dengan aman. Tidak hanya efisien dan efektif, sedekah online-mu juga bisa tersalurkan pada  target pilihanmu yang memang benar-benar membutuhkan uluran tangan para donatur online.


Sempurnakan ibadah  dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah