Peringatan Nuzulul Quran, Ini yang Bisa Kita Lakukan

Nuzulul quran merupakan malam turunnya wahyu pertama kepada Rasulullah SAW ketika dirinya tengah menyepi di Gua Hira yang terletak di Jabal Nur. Peringatan Nuzulul Quran biasa diadakan pada tanggal 17 Ramadhan. 

Di malam Nuzululquran, pedoman hidup manusia, yakni Al-Qur’an berupa potongan surah Al-Alaq ayat satu sampai lima diwahyukan oleh Malaikat Jibril kepada Muhammad SAW. Selanjutnya, Al-Qur’an diturunkan secara bertahap hingga sempurna selama dua puluh dua tahun dua bulan dua puluh dua hari. 

 

Hal yang Bisa Dilakukan Selama Peringatan Nuzulul Quran

Mengingat Nuzulul quran merupakan malam yang istimewa dalam sejarah Islam, sangat penting bagi umat muslim untuk merayakannya dengan mendekatkan diri pada Allah SWT Hal ini dilakukan sebagai tanda syukur atas diturunkannya Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia. Jangan sampai kamu melewatkan malam Nuzulul quran tanpa melakukan apa pun.

Lantas, bagaimana cara memperingati Nuzululquran? Adapun sejumlah hal yang dapat kamu lakukan selama peringatan Nuzulul Quran, antara lain sebagai berikut. 

 

  • Membaca dan Mengamalkan Al-Qur’an

    Malam Nuzulul quran semestinya dijadikan sebagai motivasi untuk lebih istikamah beribadah kepada Alla SWT Salah satu caranya adalah dengan membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya. Agar terasa ringan, sejak awal puasa dianjurkan untuk membaca minimal satu juz Al-Qur’an hingga khatam di akhir Ramadhan.
    Khusus di malam Nuzulul quran, kamu bisa meningkatkan intensitasnya menjadi dua juz dalam sehari. Selain membaca dan memahami makna, amalkan apa yang telah kamu pelajari di dalam Al-Qur’an, seperti berbuat baik kepada sesama, berbakti kepada orang tua, dan selalu jujur dalam bertutur kata.
    Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pahala yang berlipat dan satu langkah lebih dekat pada Allah SWT. Ingat, semakin kamu dekat dengan Allah SWT hidup akan semakin berkah dan bahagia.

 

  • Salat Malam

    Memperingati malam Nuzulul quran juga bisa dilakukan dengan memperbanyak salat malam. Sepertiga akhir malam merupakan malam yang sangat baik karena termasuk dalam waktu mustajab untuk berkomunikasi dengan Allah SWT melalui salat dan doa.
    Selepas salat, kamu bisa bermunajat kepada Allah SWT mintalah ampunan agar hidup terasa lebih mudah. Panjatkan doa untuk diri sendiri, kedua orang tua, saudara, dan umat muslim lainnya. Sesuai dengan janji, Allah SWT akan mengabulkan doa, memberi yang diminta, dan mengampuni siapa saja yang memohon ampunan.

 

  • Melakukan Itikaf

    Amalan selanjutnya yang dapat kamu lakukan selama malam Nuzulul quran adalah dengan memperbanyak itikaf. Biasanya, itikaf dihabiskan dengan berzikir, tadabur Al-Qur’an, ataupun salat malam. 

 

  • Mempelajari Islam

    Menimba ilmu merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh muslim. Belajar juga termasuk ibadah yang diganjar dengan pahala. Selama malam Nuzulul quran, pahala yang akan kamu dapatkan semakin banyak. Terutama jika ilmu yang kamu miliki diajarkan pada orang lain dan bermanfaat untuk banyak orang. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mempelajari tentang Islam dan menambah kecintaan terhadap Allah SWT beserta Rasulnya.

 

  • Bersedekah

    Satu lagi hal yang bisa kamu lakukan untuk memperingati malam Nuzulul quran, yakni bersedekah. Sebagaimana kamu ketahui, sedekah merupakan cara tercepat untuk mendekatkan diri pada Allah SWT Meskipun tergolong ringan, ibadah ini dapat menghapuskan dosa dan menjaga kamu dari mara bahaya.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah peringatan nuzulul quran dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah