Cerita #OrangBaik

Rumah untuk Mbah Ndari, Lansia yang Hidup Sebatang Kara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tak banyak lansia yang bisa menikmati hari tuanya dengan bahagia dan nyaman. Beberapa dari mereka harus bekerja keras untuk dapat bertahan hidup dari hari ke hari. Seperti cerita dari Mbah Ndari berikut ini.

Mbah Ndari berusia 85 tahun. Ia merupakan seorang tunanetra yang berjuang diri untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Karena keterbatasan fisiknya, Mbah Ndari tidak memiliki penghasilan. Sehari-harinya Mbah Ndari menerima bantuan makanan dari tetangga atau orang lain.

 

Mbah Ndari Hidup Seorang Diri

Rumah untuk Mbah Ndari, Lansia yang Hidup Sebatang Kara

Mbah Ndari hidup sebatang kara di rumahnya di daerah Umbulharjo, Yogyakarta. Puluhan tahun tinggal di rumah tersebut, Mbah Ndari tidak memiliki sanak saudara. Rumah yang ditempati Mbah Ndari hanya berjarak 5 km dari titik nol Jogja yang ramai oleh warga asli dan wisatawan. Meski begitu, Mbah Ndari tetap merasa kesepian karena tak ada keluarga yang menemaninya di rumah.

Baca juga:
Kisah Ibu Imas, Penjual Gorengan yang Bantu Anak Yatim
Bantu Kakek Arsyad Bangun Kembali Rumahnya yang Terbakar

 

Kondisi Rumah Mbah Ndari yang Hampir Rubuh

Rumah untuk Mbah Ndari, Lansia yang Hidup Sebatang Kara

Kondisi rumah Mbah Ndari juga jauh dari kata layak. Bambu-bambu penyangga bisa terlihat jelas di rumahnya. Dinding rumah Mbah Ndari bukan terbuat dari tembok atau bahan bangunan kuat lainnya. Rumah Mbah Ndari hanya berdinding jerami, dimana terdapat lubang di setiap sisi. Jika angin kencang datang, bisa saja gubuk tersebut rubuh seketika dan melukai Mbah Ndari. Selain itu, rumah Mbah Ndari juga tidak memiliki MCK dan air bersih sulit didapatkan.

 

Bantuan untuk Renovasi Rumah Mbah Ndari

Rumah untuk Mbah Ndari, Lansia yang Hidup Sebatang Kara

Mengetahui kisah Mbah Ndari, banyak orang yang tergerak membantunya. Melalui program BisaBantuLansia, Kitabisa ingin membantu Mbah Ndari agar bisa menikmati hari-hari tuanya dengan bahagia. BisaBantuLansia adalah gerakan berbagi untuk membantu para lansia mendapatkan hidup yang layak di usia senja. Donasi yang terkumpul di program ini akan disalurkan secara rutin kepada lansia yang membutuhkan.

Rumah untuk Mbah Ndari, Lansia yang Hidup Sebatang Kara

Berkat bantuan dari OrangBaik yang telah berdonasi, Mbah Ndari bisa memiliki tempat tinggal yang layak. Rumah Mbah Ndari perlahan-lahan direnovasi. Penyaluran dana untuk Mbah Ndari juga dibantu oleh Inem Jogja, seorang wanita yang berdandan seperti Inem untuk membantu masyarakat yang kesulitan. Kini, Mbah Ndari bisa menikmati hari tuanya dengan nyaman dan bahagia.


Selain Mbah Ndari, ada banyak lansia lainnya yang harus berjuang untuk hidup dari hari ke hari. Kamu bisa bantu mereka dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

Rumah untuk Mbah Ndari, Lansia yang Hidup Sebatang Kara

Comments are closed.