Soni (16) Dibantu Netizen untuk Biayai Kehidupannya Bersama Adik

Usia Soni baru menginjak 16 tahun, namun ia sudah harus berjuang sendiri untuk menghidupi adiknya, Marcel yang masih berusia 3 tahun. Mereka tinggal bersama tantenya, Desi di Perumahan Bugel Mas Indah Blok D2 Nomor 15, Tangerang.

Soni merupakan anak pertama dan Marcel anak keempat dari empat bersaudara. Ayahnya sudah meninggal. Sedangkan Ibunya sudah menikah lagi dan pergi meninggalkan mereka berdua. Soni tidak tahu mengapa ibunya hanya membawa anak kedua dan ketiganya.

“Tiba-tiba (ibu) pergi dan saya enggak tahu kalau ibu sudah menikah,” tutur Soni.

Tante Soni diduga memiliki gangguan jiwa, sehingga tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Mereka bertiga tinggal di rumah yang tidak layak huni karena dipenuhi dengan barang-barang yang berserakan. Listrik di rumah mereka pun mati dan air yang ada tidak layak untuk digunakan.

Soni putus sekolah sejak kelas satu SMP dikarenakan sudah tidak ada biaya. Ia harus bekerja untuk menghidupi dirinya dan Marcel. Soni sempat bekerja membantu pedagang nasi goreng dari sore hingga tutup. Ia mendapat upah 10 ribu rupiah dan seporsi nasi goreng untuk makan malam bersama Marcel.

“Nasi goreng itu buat saya dan Marcel makan malam. Saya bangunin dia saat malam untuk makan,” kata Soni.

Soni kemudian pindah kerja untuk membantu warung kopi dari pagi hingga larut malam. Ia diberi upah 10 ribu rupiah dan dua potong roti untuk sarapan bersama adiknya. Dengan upah yang diperolehnya, sehari-hari Soni dan Marcel makan dengan lauk tahu serta tempe. Sedangkan tantenya makan dengan uang sendiri. Beberapa kali Soni dan Marcel juga diberi makan oleh tetangga dan pemerintah.

Melihat kondisi Soni dan Marcel, Kompas.com kemudian menggalang dana untuk membantu kehidupan mereka melalui halaman kitabisa.com/anaknafkahiadik.

Hasilnya ada ribuan #OrangBaik berdonasi mengumpulkan dana lebih dari 200 juta rupiah untuk membantu Soni dan Marcel. Mulyadi, salah satu donatur juga mendoakan mereka “Tuhan melindungi dan memberkati kalian selalu.” Selain itu, ada juga donatur yang memberi semangat untuk mereka. “Tetap semangat Soni”, ujar salah satu donatur.

blog2blog1

Dana yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disalurkan kepada Soni dan Marcel untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya hingga mereka berdua tumbuh besar kelak.


*Kalian ingin bantu Soni lainnya diluar sana? Galang dana untuk mereka sekarang juga di https://ktbs.in/yukgalangdana