Tunaikan Zakat di Program #BisaZakat Kitabisa

Kitabisa telah menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Umat Muslim dapat menunaikan kewajiban zakatnya lewat Kitabisa dengan aman dan tepercaya.


Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim dan termasuk dalam rukun Islam yang keempat. Menunaikan zakat adalah kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. 

Kata zakat berasal dari bahasa Arab زكاة atau zakah yang bermakna bersih, suci, subur, berkat, dan berkembang. Menurut istilah, zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

 

Perintah Membayarkan Zakat

Zakat merupakan salah satu ibadah dalam Islam yang ketentuannya telah diatur dalam Al-Quran dan sunnah. Selain ibadah wajib, zakat juga merupakan kegiatan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan manusia. 

Kewajiban membayar zakat secara jelas tertulis dalam beberapa ayat Al Quran, salah satunya pada QS. At-Taubah:103.

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 

Ayat di atas berisi perintah Allah SWT agar setiap Muslim mengeluarkan zakat karena banyak hikmah yang terkandung di dalamnya. Zakat juga berfungsi untuk menyucikan harta serta membersihkan hati umat Muslim dari kekikiran. Seseorang yang membayar zakat akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Maka, berdoalah dengan kebaikan dan memohon hidayah, karena sesungguhnya doa dapat menenangkan jiwa dan menentramkan hati. 

 

Bayar Zakat Secara Online

Zakat dapat diberikan secara langsung kepada 8 golongan penerima zakat atau disalurkan ke lembaga-lembaga amil zakat terpercaya. Kini, seiring berkembangnya teknologi, zakat dapat dilakukan secara online sehingga mempermudah umat Muslim untuk menunaikan kewajibannya. Secara umum, membayar zakat secara online hukumnya diperbolehkan. Sebab, yang terpenting dalam menunaikan zakat adalah harta yang telah mencapai nisab, muzzaki yang memenuhi wajib zakat, serta mustahik yang benar-benar wajib memperoleh zakat.

 

Zakat Online di Kitabisa

Kitabisa sebagai platform galang dana, donasi, dan zakat online telah menjadi bagian dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ). UPZ merupakan satuan organisasi yang dibentuk oleh BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat. Hasil pengumpulan zakat oleh Kitabisa sebagai UPZ nantinya akan disetorkan ke BAZNAS. 

 

Program #BisaZakat di Kitabisa

Untuk memudahkan umat Muslim menunaikan zakat, Kitabisa membuat program #BisaZakat. Dalam #BisaZakat, terdapat beberapa kategori yang penerima zakatnya telah disesuaikan dengan 8 golongan penerima zakat. Program zakat Kitabisa yaitu:

  1. #BisaZakatMakanan

    Merupakan program zakat profesi yang ditujukan untuk memberi makan kaum dhuafa. Dalam #BisaZakatMakanan, dhuafa meliputi kelompok atau golongan yang hidup dengan kondisi ekonomi atau sosial rendah. Mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan makanan. Untuk itu, program zakat ini diberikan untuk membantu kaum dhuafa mendapatkan makanan. Selengkapnya tentang #BisaZakatMakanan di sini.

  2. #BisaZakatBantuGuru

    Merupakan zakat yang ditujukan untuk membantu guru ngaji hidup lebih layak. #BisaZakatBantuGuru adalah program zakat untuk memberikan apresiasi terhadap perjuangan para guru ngaji atas keikhlasan hatinya dalam mengajarkan kebaikan. Selengkapnya tentang #BisaZakatBantuGuru di sini.

  3. #BisaZakatLansia

    Program #BisaZakatLansia adalah program zakat yang ditujukan untuk membantu para lansia yang membutuhkan. Zakat akan disalurkan untuk para lansia agar dapat hidup lebih layak dan nyaman di usia tua.


Tunaikan kewajiban zakat dengan aman dan tepercaya di Kitabisa. Zakat akan disalurkan kepada golongan penerima sesuai dengan ketentuan zakat. Bayar zakat sekarang dengan klik gambar di bawah ini.

Zakat Kitabisa