Kesehatan

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker serviks (kanker mulut rahim) adalah penyakit yang banyak diderita oleh wanita Indonesia. Penyakit ini menyerang alat reproduksi wanita yang disebabkan oleh virus. Beberapa makanan juga bisa menjadi penyebab terjadinya kanker serviks, seperti minuman beralkohol dan makanan cepat saji.

Kanker serviks merupakan kanker nomor 2 tertinggi yang diderita oleh wanita Indonesia. Dikenal pula sebagai kanker leher rahim, penyakit ini menyerang alat reproduksi wanita. Penyebabnya adalah Virus Human Papillomavirus atau HPV yang menyebar dengan sangat cepat ke sekitar mulut rahim. Makanan-makanan tertentu pun rupanya bisa menjadi faktor pemicunya. Yuk, cari tahu makanan penyebab kanker serviks yang harus dihindari.

  1. Makanan dan Minuman Beralkohol

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman beralkohol meningkatkan risiko penyakit kanker serviks. Tidak hanya itu, alkohol dapat merusak organ hati dan usus, pun menyebabkan kanker tenggorokan dan kanker mulut. Menurut penelitian dari The International Agency for Research on Cancer, alkohol termasuk dalam kelompok campuran yang memiliki zat karsinogen (penyebab kanker). Zat ini dapat merusak DNA dan mengakibatkan kerusakan sel.

  1. Daging Bakar/Panggang

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan penyebab kanker serviks yang sering dikonsumsi adalah daging bakar/panggang. Daging yang menghitam karena dibakar/panggang sangat berbahaya untuk dimakan. Lemak yang terkandung dari proses pemasakan tersebut memproduksi senyawa hidrokarbon Polisiklik Aromatik (HPA), sama dengan zat karsinogen. Keduanya merupakan zat pembawa kanker.

Baca juga:
Pengobatan Kanker Serviks
Hindari 4 Hal Ini untuk Pencegahan Kanker Serviks

 

  1. Buah-buahan dan Sayuran Berpestisida

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Pestisida merupakan racun yang digunakan untuk memberantas hama, sering disemprotkan pada buah dan sayuran. Zat kimia beracun yang menempel pada sayuran dan buah-buahan tersebut akan mengendap dalam tubuh; akumulasinya menjadi sumber penyebab kanker serviks. Sebelum mengonsumsi sayur dan buah, cucilah dulu sampai bersih.

  1. Makanan Berlemak

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan berlemak merupakan salah satu makanan penyebab kanker serviks. Lemak tinggi memicu produksi hormon estrogen berlebihan. Akibatnya, tumbuhlah sel abnormal yang menyebar ke organ tubuh tertentu termasuk leher rahim. Bahaya lainnya yang patut diwaspadai adalah risiko penyakit jantung, kolesterol, dan obesitas. Karena itu, kurangi konsumsi makanan berlemak sejak dini; terutama jenis yang harus dihindari seperti gorengan, krim susu, makanan instan, dan makanan cepat saji.

  1. Makanan Ringan

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan ringan sering dikonsumsi karena harganya yang murah dan rasanya yang enak Akan tetapi, banyak zat aditif seperti pewarna sintetik dan perisa buatan yang terkandung di dalamnya. Jika kamu membaca komposisi dalam kemasan, kamu akan melihat sakarin, garam siklamat, dan natrium siklamat.

Ketiga perisa buatan ini sering digunakan untuk membuat rasa makanan ringan enak. Saat tubuh bermetabolisme, perisa buatan tersebut memproduksi senyawa sikloheksamina yang berpotensi menyebabkan kanker serviks. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan ringan terlalu sering.

Baca juga:
Kenal Lebih Dekat dengan Musuh Utama Wanita, Kanker Serviks!
Pencegahan Kanker Serviks

 

  1. Makanan Kaleng atau Kemasan

Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan kaleng seperti ikan kaleng, kornet, dan buah kaleng dapat memicu terjadinya kanker serviks. Makanan terkontaminasi dengan logam dari dinding kaleng yang mengandung bisphenol-A (BPA). Zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Sel-sel kanker akan menyebar di leher rahim karena dipicu oleh BPA.

Makanan dalam kemasan juga berpotensi menyebabkan kanker serviks. Banyak makanan kemasan mengandung akrilamida, bahkan kemasannya mengandung vinil klorida. Akrilamida dan vinil klorida bersifat karsinogenik, yang perlahan-lahan mengendap dan terakumulasi  menjadi pemicu kanker serviks.
Informasi tentang makanan penyebab kanker serviks dapat membuat kamu lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Jika kamu peduli, yuk, bagikan informasi penting yang ada di blog Kitabisa kepada orang-orang di sekitarmu.

Kamu bisa berbagi kasih dan memberikan dukungan kepada penderita kanker serviks yang sedang berjuang. Ringankan penderitaan mereka, dengan cara mengirimkan donasi di sini!

Atau kamu bisa klik gambar di bawah ini untuk mualai donasi di kitabisa.com!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons