7 Aplikasi Android untuk Menghitung Zakat

Kemajuan teknologi mempermudah kita dalam segala aspek kehidupan, salah satunya dalam memenuhi kewajiban kita sebagai umat beragama. Saat ini kita dapat dengan mudah melakukan perhitungan zakat melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk smartphone.

Dalam menentukan besarnya zakat, kamu harus menentukan jenis zakat apa yang ingin dibayarkan. Jangan khawatir bila kamu tidak mengetahui cara penjumlahan zakat satu per satu. Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, beberapa aplikasi kalkulator zakat bisa diunduh secara gratis dari ponsel berbasis Android. Berikut 7 aplikasi terbaik yang harus kamu ketahui.

1. Kalkulator Zakat – Syaban

7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Kalkulator Zakat merupakan salah satu aplikasi penghitungan zakat yang dikembangkan oleh Syaban. Ukuran aplikasi ini hanya 2,4 MB sehingga tepat digunakan bagi yang memiliki memori ponsel kecil. Dengan aplikasi ini, kamu tak hanya dapat menghitung zakat uang namun juga zakat pertanian maupun zakat emas dan perak. Aplikasi Kalkulator Zakat juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menambah wawasan. Misalnya pengertian, sejarah dan hukum zakat.

 

2. Aplikasi Perhitungan Zakat

7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Aplikasi Perhitungan Zakat mendapat banyak ulasan bagus di Google Play Store. Saat membuka aplikasi, terdapat 5 fitur yang dapat kamu gunakan yakni Ilmu Zakat, Bantuan, Hitung Zakat, dan Profil. Bila ingin mengetahui besar zakat yang harus dibayar, pilihlah fitur Hitung Zakat. Melalui fitur tersebut, kamu dapat menghitung semua jenis zakat termasuk Zakat Fitrah dan Maal.

3. Kalkulator Zakat – Paling Pertama

7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Kalkulator Zakat yang diciptakan oleh produsen Paling Pertama ini memiliki tiga menu utama dalam aplikasi, yakni Profil, Hitung Zakat, dan Pengaturan. Bila ingin menghitung zakat, maka pilihlah menu Hitung Zakat. Ada beberapa pertanyaan dalam aplikasi yang wajib Kamu jawab. Agar mengetahui besar zakat yang harus dibayar, maka masukkan jumlah penghasilan per bulan serta besar harta yang dimiliki.

Baca juga:
Mudahnya Hitung Zakat dengan Kalkulator Zakat
Bagaimana Cara Menghitung Zakat Mal?

 

4. Zakatpedia7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Aplikasi lain yang bisa menjadi pillihan kamu untuk membayar zakat adalah Zakatpedia. Selain memiliki tampilan yang segar, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menarik. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi kamu dimungkinkan untuk membayar berbagai macam zakat mulai dari zakat peternakan, zakat emas dan perak, sampai zakat hadiah. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung menyalurkan donasi ke kalangan yang kurang mampu. Keunggulan lain yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi ini yaitu memperoleh penjelasan rinci serta kalkulator zakat untuk menghitung besarnya zakat yang harus dibayar.

 

5. Hitung Zakat Muslim

7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Hitung Zakat Muslim merupakan aplikasi besutan Eng.Inc dan dapat menjadi alternatif bagi kamu untuk mendonasikan zakat. Disini kamu bisa menghitung zakat fitrah, zakat penghasilan,serta nisab zakat yang terkait. Aplikasi ini mempunyai ukuran yang ringan yakni sebesar 1.8MB saja. Selain itu, kamu bisa langsung terhubung ke situs Dompet Dhuafa atau Rumah Zakat.

6. Zakat Klik!

7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Dengan mengunduh aplikasi Zakat Klik!, kamu bisa memanfaatkan fitur kalkulator yang memudahkan menghitung besaran setiap jenis zakat, dimana saja dan kapan saja. Salah satu kemudahan yang dapat dinikmati bila menggunakan aplikasi ini adalah pembayaran dapat dilakukan melalui internet banking.

Baca juga:
Bayar Zakat Fitrah dengan Uang, Bagaimana Hukumnya?
Hitung Zakat Makin Mudah dengan Kalkulator Zakat

 

7. Kitabisa7 Aplikasi Android yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghitung Zakat

Kitabisa merupakan platform online yang bertujuan membantu masyarakat menggalang dana maupun membayar zakat. Di aplikasi ini, kamu dapat menghitung besar zakat yang harus dibayar melalui menu kalkulator zakat. Melalui aplikasi ini pula, kamu dapat menyalurkan zakat ke berbagai campaign yang diinisiasi oleh lembaga zakat terverifikasi. Kunjungi langsung website resmi kitabisa.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sangat mudah, bukan? Segera unduh aplikasi di atas, serta bagikan informasi ini pada orang-orang terdekat untuk turut memudahkan mereka menghitung zakat.


Lewat Kitabisa.com, pembayaran zakat bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya perlu kunjungi zakat.kitabisa.com untuk membayarkan zakat!Zakat Kitabisa