Kesehatan

Apakah Kemoterapi Bisa Menyembuhkan Semua Jenis Kanker?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu pasti sering mendengar istilah kemoterapi. Kemoterapi merupakan salah satu metode pengobatan untuk penderita penyakit kanker. Banyak orang tidak ingin menjalani kemoterapi karena efek samping yang diakibatkan setelahnya. Padahal, kemoterapi sudah melewati berbagai penelitian klinis dan teruji efektif. Bahkan metode pengobatan ini telah diakui oleh WHO sebagai pengobatan kanker di seluruh negara di dunia.

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan seputar kemoterapi? Simak cara dan tujuan kemoterapi kanker serta penyakit kanker apa saja yang bisa diobati dengan kemoterapi di bawah ini.

 

Apa Itu Kemoterapi?

kemoterapi adalah

Kemoterapi merupakan pengobatan untuk melawan dan membunuh sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Caranya adalah dengan menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker yang membelah diri dan berkembang dengan cepat. Pengobatan ini adalah metode pengobatan kanker menggunakan obat-obatan.

Perawatan kemoterapi biasanya dilakukan di rumah sakit atau di pusat perawatan paliatif. Pasien akan disuntik dengan infus yang berisi obat kemoterapi. Para ahli masih terus mengembangkan metode kemoterapi tanpa suntik, yaitu cukup dengan meminum obat saja. Efek samping yang menyakitkan dari kemoterapi memang kerap kali membuat pasien takut atau enggan untuk menjalani metode tersebut.

Baca juga:
Ketahui Proses Pengobatan Kemoterapi Leukimia
Kemoterapi Jadi Solusi Pengobatan Kanker?

 

Tujuan dari Kemoterapi

tujuan kemoterapi kanker

  • Menyembuhkan kanker

    Ada beberapa kasus saat metode pengobatan jenis ini bisa benar-benar menghancurkan sel-sel kanker dan membasminya. Hasil terbaiknya adalah sel kanker tidak akan pernah kembali lagi. Namun, tidak semua kasus berhasil seperti itu. Hal ini dikarenakan kondisi dan lokasi kanker yang berbeda-beda.

  • Mengendalikan penyebaran kanker

    Apabila kanker tidak dapat dibasmi, setidaknya kemoterapi dapat membantu mengendalikan perkembangan dan penyebaran kanker. Hal ini dilakukan agar sel kanker tidak berubah menjadi ganas dan memberi harapan hidup yang lebih besar bagi pasien. Apalagi tidak semua kemoterapi bisa langsung berhasil dalam sekali pengobatan.

  • Meringankan gejala

    Saat sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain dan berkembang ke stadium lanjut, kemoterapi dapat membantu meringankan gejala penyakitnya sehingga meningkatkan kualitas hidup pasien. Metode kemoterapi ini disebut juga kemoterapi paliatif.

 

Bagaimana Cara Pengobatannya?

pengoabatan kanker

Terdapat beberapa jenis kemoterapi yang dapat dilakukan dan tergantung jenis penyakit yang diidap pasien. Mulai dari topikal, oral, suntik, Intraperitoneal, dan Intra Arteri, dan Intra Vena. Topikal adalah metode kemoterapi dengan mengoleskan krim pada kulit. Metode oral dilakukan menggunakan pil, cairan, atau kapsul untuk diminum.

Intraperitoneal menggunakan selang khusus yang dimasukkan ke dalam rongga perut. Intra Arteri dilakukan dengan cara memasukkan obat ke arteri yang menyalurkan darah ke kanker. Sedangkan, Intravena dengan cara dimasukkan ke pembuluh vena.

butuh biaya pengobatan

 

Apakah Kemoterapi Bisa Menyembuhkan Semua Jenis Kanker?

kemoterapi untuk penyakit

Kemoterapi bergantung pada jenis dan lokasi kanker serta penyebarannya ke organ lain. Pengobatan ini dipengaruhi oleh kondisi kesehatan pasien sehingga butuh dianalisis terlebih dahulu sebelum menjalankan kemoterapi. Kemoterapi juga bergantung pada stadium penyakit yang diderita pasien.

Jadi, tidak bisa sembarangan memutuskan jenis penyakit apa yang bisa atau tidak disembuhkan dengan kemoterapi. Sampai saat ini, metode pengobatan ini masih menjadi metode pengobatan kanker paling umum dan dianggap dapat membuat kondisi pasien kembali pulih.

Sudah jelas bagaimana dan apa tujuannya penderita kanker ditangani dengan kemoterapi? Dengan pembahasan di atas, kamu juga sudah mengetahui penyakit apa saja yang bisa diobati dengan kemoterapi. Kemoterapi kanker memang memiliki efek samping, tetapi tidak perlu khawatir jika ditangani dengan cara yang tepat.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya kemoterapi yang besar dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.