Infaq Online di Era Digitalisasi

Infaq merupakan jenis ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan, infaq merupakan salah satu kebiasaan yang tak pernah ditinggalkan Rasulullah semasa hidupnya. Berbeda dengan zakat, infaq bisa diberikan kepada siapa saja, tidak terbatas pada anak yatim, miskin, ataupun dhuafa. Pelaksanaannya pun dapat dilakukan tanpa harus menunggu nisab ataupun haul. 

Kebiasaan melakukan infaq pun menjadi sebuah hal yang mendesak ketika banyak orang tengah berada dalam situasi kesusahan seperti sekarang. Seperti diketahui, virus corona yang berlangsung di Indonesia dan negara-negara dunia lain, membuat banyak orang mengalami kesulitan finansial. Apalagi, PHK berlangsung secara massal, dilakukan oleh perusahaan besar ataupun kecil.

 

Infaq Online Bantu Wabah Corona

Berkaitan dengan situasi luar biasa akibat wabah corona, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendorong umat Islam di seluruh tanah air untuk menunjukkan kontribusi nyata. Caranya adalah dengan memperbanyak aktivitas infaq dan sedekah. Tidak hanya itu, pemberian zakat juga layaknya dipercepat sehingga mampu membantu penanganan wabah corona sehingga lebih optimal. 

Era digital juga memberi kemudahan bagi umat Islam untuk membantu penanganan wabah corona di Indonesia. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan infaq online. Dengan adanya praktik infaq secara online, umat Islam bisa menyalurkan bantuan uang tunai kepada siapa saja yang mengalami dampak akibat wabah corona. 

Manfaat Berinfaq Online

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika memilih menggunakan jalur infaq online, yaitu: 

  • Mampu menjangkau area lebih luas

    Pada praktik infaq konvensional, pemberian donasi dilakukan dengan cara memasukkan uang ke kotak infaq atau lembaga penyalur zakat terdekat. Metode ini memang sangat mudah. Hanya saja, terdapat keterbatasan dalam upaya penyalurannya. Biasanya, dana infaq ataupun sedekah yang terkumpul akan disalurkan ke wilayah yang tidak berjauhan.
    Namun, keterbatasan tersebut bakal hilang kalau kamu memilih untuk melaksanakan infaq online. Kamu punya pilihan untuk melakukan donasi kepada orang yang membutuhkan bantuan keuangan meski terpisah jarak ratusan ribu kilometer. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan memanfaatkan aplikasi di smartphone.

  • Infaq online bisa diterima secara lebih cepat

    Keuntungan selanjutnya dari praktik infaq online adalah kecepatan penerimaan dana. Dalam kondisi mendesak seperti sekarang, banyak orang butuh bantuan ekstra cepat. Situasi tersebut bakal sulit untuk dipenuhi kalau menggunakan metode infaq konvensional. Apalagi, biasanya bakal terkendala oleh proses administrasi yang ribet.
    Namun, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan sangat mudah kalau memanfaatkan layanan infaq daring. Orang yang tengah mengalami kesusahan bakal bisa memperoleh manfaat donasi secara lebih cepat. Apalagi, proses pengiriman dana juga berlangsung praktis karena memanfaatkan transaksi internet.

  • Laporan keuangan terlampir jelas

    Keuntungan terakhir adalah adanya transparansi. Para pemberi infaq punya akses secara terbuka ketika ingin mengetahui laporan keuangan dari sebuah layanan infaq online. Untuk mengetahui informasi tersebut juga sangat mudah, bisa dilihat secara langsung melalui aplikasi smartphone. Hal yang tak kalah penting, penyaluran infaq online perlu dilakukan secara cermat. Jangan menyerahkannya kepada lembaga yang tak jelas. Pastikan bahwa layanan infaq daring yang kamu gunakan benar-benar bisa dipercaya.

Rekomendasi terbaik bagi kamu ketika ingin melakukan infaq online adalah dengan memanfaatkan Kitabisa. Di situ, kamu punya pilihan menyalurkan infaq ke berbagai lembaga. Kamu juga punya kebebasan untuk memberikan donasi dengan nominal berapa pun. 


Sempurnakan ibadah  dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Infaq, sedekah, dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah