Qurban

Manfaat dan Hikmah Qurban Idul Adha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa hikmah qurban Idul Adha sesungguhnya?

Usai Idul Fitri, umat Islam mulai disibukkan persiapan hari raya yang tidak kalah penting, yaitu Idul Adha. Waktu kedua hari raya ini memang berdekatan. Bahkan, konsultan finansial mengingatkan, terutama untuk kamu yang sudah bekerja dan dapat THR, ada baiknya menyisihkan sebagian dana THR untuk berqurban di bulan Dzulhijjah.

Bagaimanapun juga, berqurban harus direncanakan secermat mungkin. Apalagi, hukum berqurban adalah  sunnah muakkad untuk muslim yang sudah baligh dan berakal. Plus, ditambahkan pula syarat mampu secara keuangan untuk menunaikan ibadah ini, seperti halnya ibadah haji.

Lalu, bagaimana hikmah dan manfaat menjalankan qurban saat Idul Adha? Berikut ulasannya.

 

Hikmah Qurban Idul Adha

Manfaat dan Hikmah Qurban Idul Adha

Allah SWT menurunkan perintah qurban kepada Nabi Ibrahim As untuk menguji seberapa ikhlas Ia melepas putra yang dinantikan sejak lama. Tepat saat sang putra berusia 13 tahun, Ia menerima perintah itu dari Allah untuk menyembelih putranya. Kisah ini tertuang dalam surat As-Saffat ayat 102-107.

Lalu, apa yang bisa kamu pelajari dari kisah Nabi Ibrahim As dan putranya? Kamu bisa menarik dua hikmah berikut, yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan ibadah qurban.

  1. Mengingat kebesaran jiwa seorang ayah, dalam hal ini Nabi Ibrahim As, yang dengan ikhlas mengorbankan kepentingan pribadi untuk melaksanakan perintah agama, yaitu menyembelih putranya berdasarkan kebenaran.
  2. Mengingat ketaatan dan kesabaran seorang anak yang berbakti kepada orang tua, Nabi Ismail As. Ia ikhlas menjadi qurban dan disembelih ayahnya karena taat pada firman Allah SWT.

Kedua hikmah ini menciptakan sifat eksklusif pada ibadah qurban. Salah satu yang wajib kamu penuhi adalah waktu pemotongan hewan qurban sesuai syariat. Hewan qurban hanya boleh disembelih selama empat hari, yakni tanggal 10 Dzulhijjah setelah salat Idul Adha dan tiga hari setelahnya, 11, 12, 13 Dzulhijjah. Ketentuan ini disebut pula dengan istilah Ayyamutasyriq.

Lebih lanjut, kamu bisa mengetahui bahwa ketentuan tersebut membedakan penyembelihan hewan qurban dan penyembelihan hewan lain, seperti untuk akikah, pesta pernikahan atau hajatan, atau memenuhi nazar. Ibadah qurban terasa lebih eksklusif karena hanya bisa dilakukan bertepatan dengan momentum Idul Adha, sedangkan penyembelihan hewan lainnya bisa kamu lakukan kapan saja.

Baca juga:
Pengertian, Hukum, dan Ketentuan Qurban dalam Islam
Tata Cara Qurban Idul Adha

 

Manfaat Qurban Idul Adha

Manfaat dan Hikmah Qurban Idul Adha

Setelah memahami hikmah qurban Idul Adha, sekarang kamu perlu mengetahui apa saja manfaat qurban. Sebagaimana ibadah lainnya, qurban memiliki manfaat yang bisa kamu rasakan sendiri dan juga berdampak bagi sesama manusia. Berikut 4 manfaat qurban.

  1. Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT

Sama seperti sedekah, qurban juga menjadi cara mensyukuri rezeki yang kita terima dari Allah SWT. Hanya saja ibadah qurban terasa lebih afdhal karena momennya lebih sakral.

  1. Meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah SWT

Perintah berqurban sudah tertuang dalam Alquran. Maka, sudah seharusnya kamu sebagai seorang muslim untuk menjalankan perintah-Nya. Terutama, jika kamu sudah memenuhi syarat menunaikan ibadah qurban dan mampu secara finansial.

  1. Membangun solidaritas kepada sesama

Berikutnya, berqurban melatih kepekaan dan kepedulianmu kepada sesama. Mereka yang mampu berqurban diwajibkan membagi hasil qurban itu untuk dinikmati kaum fakir dan miskin. Daging qurban harus diberikan pada orang yang benar-benar membutuhkan. Kamu boleh menyisakan untuk dikonsumsi bersama keluarga, tetapi kaum fakir dan miskin tetap harus menjadi prioritas.

  1. Memberdayakan usaha ternak di lingkungan sekitar

Idul Adha membawa berkah bagi siapa saja, termasuk para peternak lokal yang ada di sekitar wilayahmu tinggal. Biasanya, pada musim qurban, harga jual hewan ternak juga lebih menjanjikan dan jumlah yang terjual juga meningkat pesat. Ini merupakan waktu tepat para peternak untuk memperoleh rezeki yang kamu sisihkan dari sebagian penghasilanmu.


Kamu bisa melaksanakan ibadah qurban secara mudah dan cepat melalui di Kitabisa. Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban_kitabisa

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons