Cerita #OrangBaik

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Di ulang tahun pertamanya, Raya mengajak OrangBaik untuk berdonasi bantu sesama pejuang hati kronis. Birthday Fundraising yang dibuat Raya merupakan bentuk syukur Raya akan bertambahnya usia.

 

Nama Ataraya, atau akrab disapa Raya, memiliki arti yang unik. Nama Ataraya berasal dari asal kata Batak dan Toraja/Toraya, karena kedua orangtuanya berasal dari suku tersebut. Dibalik namanya yang unik, Raya sedang berjuang melawan Atresia Bilier. Sejak usia 5 minggu, Raya sudah didiagnosis menderita penyakit Atresia Bilier. Meski begitu, orang tua Raya terus berjuang untuk mendukung kesembuhan Raya. 

 

Perjuangan Raya Melawan Atresia Bilier

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Orangtua dari Raya pada awalnya tidak menyangka bahwa anaknya bisa mencapai usia satu tahun. Saat usia 5 minggu, Raya menderita penyakit hati kronis yang langka, yaitu Atresia Bilier. Pada Atresia Bilier, saluran empedu pada hati membengkak dan tersumbat. Hal tersebut menyebabkan cairan empedu dalam hati meningkat dan kerusakan hati.

Baca juga:
Atresia Bilier: Pengertian, Pengobatan, dan Kisah Zhafira Mencari Hati

 

Kisah Raya untuk Mencapai Ulang Tahun Pertama

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Kondisi Raya dapat memburuk jika ia tidak segera mendapat tindakan medis. Raya harus melakukan operasi Kasai sebagai pertolongan pertama atau transplantasi hati sebagai upaya akhir. Setelah menjalani operasi Kasai pada usia 52 hari, keadaan Raya sudah cukup membaik dan ia tumbuh dengan kuat.

Di usia satu tahunnya, Raya sedang menunggu untuk transplantasi hati. Meskipun Raya terlihat sehat, dokter mengatakan bahwa Raya sudah berada di kegagalan fungsi hati tahap akhir. Maka dari itu diperlukan transplantasi hati sebagai upaya akhir.

Baca juga:
Kado Ulang Tahun Xabiru untuk Rumah Harapan Indonesia

 

Rasa Syukur Raya di Ulang Tahun Pertamanya

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Tak ada hal lain yang bisa dilakukan Raya bersama kedua orang tuanya selain bersyukur atas anugerah yang didapatkan Raya. Perjuangan Raya membuat kedua orang tuanya sadar untuk saling membantu balita lain yang memiliki penyakit sama dengan Raya. Karena itu, Raya bersama orang tuanya menggalang dana untuk membantu komunitas Propaganda Senyum. Hal tersebut adalah bentuk lain dari rasa syukur untuk kesehatan Raya di usia pertamanya.

 

Raya untuk Propaganda Senyum, Rumah Singgah Pejuang Hati

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Propaganda Senyum merupakan sebuah komunitas yang membentuk rumah singgah bagi para pejuang hati. Rumah singgah yang difokuskan untuk pasien dhuafa ini juga difungsikan sebagai pusat sosialisasi, edukasi, dan pendampingan. Propaganda Senyum secara rutin melakukan sosialisasi tentang kesehatan hati untuk mengedukasi masyarakat.

 

Ulang Tahun Pertama Raya bagi Para Pejuang Atresia Bilier

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Di hari ulang tahun yang pertama, Raya dan orang tuanya membuat Birthday Fundraising untuk membantu komunitas Propaganda Senyum. Lewat Birthday Fundraising, kado ulang tahun yang Raya dapatkan adalah donasi bagi anak-anak sesama pejuang hati. Kado berupa donasi tersebut digunakan untuk keperluan medis di rumah singgah yang tidak ditanggung BPJS, seperti biaya tes transplantasi hati, imunisasi tambahan, susu nutrisi khusus, serta kebutuhan perawatan pasien.

Baca juga:
Ultah Putra Benakribo untuk Anak Pejuang Gizi Buruk

 

Hadiah Raya untuk Anak dengan Atresia Bilier

Ulang Tahun Raya untuk Sesama Balita Pejuang Atresia Bilier

Melalui Birthday Fundraising yang dibuat untuk rayakan ulang tahun Raya, terkumpul donasi sebesar Rp 33.979.146. Seluruh donasi yang dicairkan terlah disalurkan ke rumah singgah. Dana tersebut digunakan secara bertahap, sesuai dengan kebutuhan perawatan pasien Propaganda Senyum.

 

+++++

Seperti orang tua Raya, kamu juga bisa rayakan ulang tahun anak, teman, dan keluarga kamu dengan buat Birthday Fundraising. Dengan Birthday Fundraising, kamu bisa membantu mereka yang membutuhkan bantuan. Yuk, rayakan ulang tahun dengan Birthday Fundraising di: ktbs.in/birthdayfundraising

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons