Berkah Ramadhan Bagi Semua Orang

Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan selalu dinanti-nanti oleh umat Islam. Tidak hanya karena bulan ini hanya datang setahun sekali, ada banyak berkah Ramadhan yang bisa dirasakan oleh semua orang. Tanpa peduli jenis kelamin, status sosial bahkan penganut agama lain pun bisa merasakan keindahan bulan suci ini.

Berkah Ramadhan paling sederhana yang bisa dirasakan oleh umat Islam adalah pahala yang dilipatgandakan. Jika di hari biasa satu kebaikan hanya akan diganjar sebanyak satu pahala, maka di bulan ini balasannya bisa berlipat-lipat. Selain itu, bagaimana berkah Ramadhan bisa dirasakan oleh semua orang?

 

Bulan Ramadhan adalah Bulannya Ibadah-ibadah Khusus

Bulan ini merupakan waktu yang sempurna untuk memperbanyak ibadah. Tidak hanya ibadah wajib, banyak amalan lain yang hanya bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan saja. Amalan-amalan tersebut misalnya seperti berpuasa, membayar zakat fitrah, salat tarawih dan i’tikaf (berdiam diri di dalam masjid menunggu pagi sambil mengisi waktu dengan beribadah).

Selain ibadah-ibadah ini, di bulan Ramadhan ada sebuah malam istimewa yang bernama Lailatul Qadar atau Malam Seribu Bulan. Di malam ini pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya. Mengisi malam dengan beribadah akan mendatangkan banyak pahala bagi kita.

 

Ramadhan adalah Kesempatan untuk Memperbanyak Berbuat Baik

Bagi kamu yang memiliki kelebihan harta, Ramadhan adalah kesempatan yang baik untuk bersedekah. Apalagi jika di bulan-bulan biasa kamu sering lupa menyisihkan sebagian penghasilan pada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini diungkapkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi:

Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan.”

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas juga disebutkan bahwa Rasulullah adalah orang yang meningkatkan ibadah sedekahnya menjadi berlipat-lipat saat bulan Ramadhan datang.  Di akhir bulan, semua orang Islam yang mampu diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah. Selain sebagai penyempurna ibadah, ini merupakan saat yang tepat untuk berbagi kepada sesama.

 

Ramadhan adalah Berkah bagi Orang-orang yang Membutuhkan

Indahnya Islam dibuktikan dengan kewajiban membayar zakat fitrah. Ini merupakan sebuah bentuk perhatian dan kasih sayang Allah kepada semua hamba-Nya. Orang-orang yang mampu dan memiliki kelebihan harta, diwajibkan membayarkan zakat sesuai kadarnya. Sementara mereka yang membutuhkan, akan menerima zakat sebagai salah satu berkah Ramadhan. Dengan begitu saat hari raya Idul Fitri tiba, kebahagiaan menjadi milik semua orang. Bukan hanya mereka yang punya harta banyak dan berkecukupan. Zakat bahkan juga bisa menjadi berkah bagi mereka yang non-muslim.

 

Berbagi Berkah Ramadhan Bersama Kitabisa

Dari tahun ke tahun, Kitabisa sebagai platform penggalangan dana juga rutin mengadakan kegiatan pengumpulan dana. Mulai dari gerakan Dapur Ramadhan, penyediaan bahan-bahan kebutuhan pokok bagi saudara-saudara kita yang tidak mampu hingga pengadaan buka puasa gratis. Semua ini dilakukan agar berkah Ramadhan semakin meluas dan bisa dirasakan oleh lebih banyak orang.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah