Jadwal Imsak Hari Ini Jakarta: Waktu, Cara Menentukan, serta Amalannya

Ketika melakukan ibadah puasa, imsak merupakan waktu yang perlu untuk diperhatikan. Alasannya supaya orang-orang yang berpuasa lebih berhati-hati ketika melakukan makan sahur supaya tidak sampai terlewat hingga waktu Subuh. Waktu imsak masuk beberapa menit sebelum azan Subuh yang merupakan penanda dimulainya saat berpuasa.

Selain sebagai penanda hampir masuknya Subuh, imsak juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk melakukan beberapa ibadah supaya memperoleh pahala Ramadhan. Berikut jadwal imsak hari ini Jakarta beserta cara menentukan waktunya dan amalan yang dapat dilakukan.

Ramadhan 2022, Berikut Jadwal Imsak Hari Ini Jakarta

Imsak memiliki waktu yang berbeda-beda seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh waktu salat yang juga senantiasa berubah-ubah. Waktu imsak masuk beberapa menit sebelum azan Subuh berkumandang. Berikut daftar jadwal imsak Kota Jakarta selama bulan Ramadhan tahun 1443 Hijriah atau 2022 Masehi berdasarkan Kementerian Agama Republik Indonesia.

  • 2 – 7 April 2022 : 04.30 WIB
  • 8 – 12 April 2022 : 04.29 WIB
  • 13 – 19 April 2022 : 04.28 WIB
  • 20 – 26 April 2022 : 04.27 WIB
  • 27 April – 1 Mei 2022 : 04.26 WIB
sedekah di aplikasi kitabisa

Penentuan Waktu Imsak

Di Indonesia sendiri, waktu imsak ditentukan 10 menit sebelum masuknya waktu Subuh. Contohnya, jika jadwal imsak hari ini Jakarta jatuh pada pukul 04.30, maka datangnya waktu Subuh adalah pukul 04.40. 

Secara bahasa sendiri, imsak memiliki arti harfiah berupa ‘menahan diri’ sehingga terdapat beberapa orang yang berpendapat bahwa waktu imsak merupakan penanda dimulainya puasa. 

jadwal imsak

Oleh karenanya, ada orang-orang yang berhenti makan dan minum ketika waktu imsak tiba, namun ada pula yang beranggapan bahwa puasa dimulai saat azan Subuh berkumandang.

Namun, berdasarkan Al-Baqarah ayat 187, dikatakan bahwa waktu puasa dimulai pada saat mulai terbitnya fajar. Sebagaimana ayat itu berbunyi, “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.”

Selain itu, dilansir dari laman NU Online, beberapa ulama seperti Dr. Musthafa al-Khin dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji dan Sirojudin Al-Bulqini juga menyatakan bahwa waktu puasa dimulai dari terbitnya fajar yang merupakan tanda tibanya waktu Subuh. 

Sedangkan, jadwal imsak di Indonesia sendiri lebih merupakan waktu untuk yang ditetapkan oleh ulama untuk tujuan kehati-hatian.

Dengan ditetapkannya waktu imsak, orang-orang yang melaksanakan sahur diharapkan dapat memiliki waktu untuk melakukan hal-hal seperti mandi, menggosok gigi, atau melakukan persiapan salat Subuh sehingga lebih siap untuk menjalani ibadah puasa selama hampir seharian penuh.

Amalan yang Dapat Dilakukan Di Sela Jadwal Imsak Hari Ini Jakarta

Terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk mencari pahala di imsak seraya menunggu masuknya waktu Subuh. Beberapa hal tersebut antara lain:

Memanjatkan Doa

Waktu sahur merupakan saat yang mustajab untuk berdoa, di mana permohonan yang dipanjatkan oleh umat Islam akan terkabul. Hal ini dijelaskan dalam salah satu sabda Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang berbunyi:

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Membaca dan Mengajari Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang dapat memperoleh pahala besar, terlebih jika dilakukan pada bulan Ramadhan. Setiap satu huruf yang dibaca akan memperoleh pahala 10 kali lipat dibandingkan jika dilakukan pada bulan-bulan lainnya. Selain itu, mengajari membaca Al-Qur’an juga dapat menghasilkan amal jariyah, yaitu kebaikan yang tak putus meski sudah meninggal sekalipun.

Membaca Istigfar Sambil Menunggu Jadwal Imsak Hari Ini Jakarta

Istigfar merupakan salah satu upaya untuk memohon ampun kepada Allah SWT terhadap dosa-dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat. Oleh karenanya, istigfar dianjurkan untuk dibaca sesering mungkin karena manusia tentu tak luput dari kedua hal tersebut.

Salah satu keutamaan dalam melakukan amalan ini pada waktu sepertiga malam terakhir seperti imsak adalah karena waktunya yang mustajab untuk memohon kepada Allah SWT. Oleh karenanya, dengan membaca istigfar permohonan ampun lebih mungkin untuk dikabulkan.

Bersedekah

Ibadah lain yang dapat dilakukan ketika imsak adalah bersedekah. Sedekah memiliki berbagai keutamaan, seperti membuat harta yang dimiliki menjadi lebih berkah, sebagai cara menghapus dosa sehingga mendapat ampunan dari Allah SWT, atau memperoleh pahala yang besar. Selain itu, Allah SWT juga menyukai hamba-Nya yang dermawan.

Sedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyumbangkan uang di kotak amal masjid, atau membagikan makanan ke saudara-saudara kita yang memang membutuhkan. 

Namun, perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk bersedekah dari mana saja dan kapan saja, salah satunya melalui aplikasi Kitabisa.

Dengan aplikasi Kitabisa, kamu bisa melengkapi amalan puasa Ramadhan dengan bersedekah. Mulai dari Rp1.000, kamu sudah bisa sedekah untuk membantu anak yatim piatu, fakir miskin, dan mereka yang benar-benar membutuhkan.

Bersama Kitabisa, mari perbanyak sedekah karena Ramadhan adalah bulannya cari berkah.

sedekah ramadhan