Perbanyak 7 Ibadah Ini Sebagai Pelengkap Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah ini, kita diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Ramadhan juga merupakan bulan diturunkannya Alquran dan di bulan ini semua amalan kebaikan, tidak hanya puasa Ramadhan akan dibalas berlipat ganda.

Dengan kesempatan memperoleh pahala yang besar, melakukan sebanyak-banyaknya ibadah adalah hal yang harus kita targetkan. Selain puasa, 7 ibadah berikut ini akan melengkapi puasa Ramadhan yang kamu jalani tahun ini!

  1. Memperbaiki Salat

ibadah salat

Jika di bulan lain kita masih sering melalaikan kewajiban salat 5 waktu, bulan Ramadhan adalah kesempatan baik untuk melengkapinya. Kalau tadinya salat yang dijalankan masih kurang benar dan khusyuk, sembari melaksanakan puasa kita bisa perlahan-lahan memperbaiki kualitasnya. Menambah ibadah wajib dengan salat sunnah tentu akan membuat ibadah kita semakin berkah.

  1. Salat Malam atau Tarawih

salat malam

Tarawih merupakan ibadah yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Salat ini juga bisa menjadi pengganti ibadah salat malam atau qiyamullail. Karena salat malam tidak ada batasan rakaatnya, kita masih diperbolehkan melakukan salat malam menjelang sahur dini hari. Ini merupakan kesempatan besar memperoleh pahala Ramadhan sebanyak-banyaknya.

Baca juga:
Cara Gampang Bayar Zakat Penghasilan Secara Online
Ibadah Puasa: Ketentuan, Syarat, dan Rukun Puasa

 

  1. Membaca Alquran dan Mengkhatamkannya

membaca al-quran saat puasa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semua ibadah di bulan Ramadhan akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda. Termasuk membaca Alquran atau tadarus. Banyak orang memanfaatkan bulan puasa untuk memperbaiki bacaan Alquran, menambah hafalan hingga menamatkannya. Kamu bisa mencoba mengikuti program ODOJ (One Day One Juz) untuk mencapai target khatam Alquran di bulan Ramadhan.

  1. Iktikaf

iktikaf adalah

Iktikaf atau i’tikaf adalah salah satu ibadah yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Ibadah ini dilakukan dengan berdiam diri di masjid pada sepuluh malam terakhir Ramadhan untuk melakukan berbagai macam ibadah mulai dari salat malam hingga membaca Alquran. Ibadah ini sangat dianjurkan karena pada malam-malam inilah kamu bisa berkesempatan bertemu dengan malam lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

  1. Perbanyak Berzikir

berzikir

Setiap manusia tidaklah luput dari dosa-dosa dan kesalahan. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan terbaik bagi kita semua untuk memperoleh ampunan Allah SWT. Memperbanyak zikir di segala kesempatan sembari melakukan aktivitas harian akan membuat puasa kita semakin sempurna. Berzikir dengan mengingat Allah ini merupakan ibadah yang paling mudah dilakukan, jadi jangan lupa untuk memperbanyaknya di bulan puasa, ya!

  1. Memperdalam Pengetahuan Keislaman

buku islam

Kegiatan yang kita lakukan sehari-hari memang kadang membuat lalai. Menyisihkan waktu untuk mengikuti kajian keislaman hingga datang ke pengajian adalah hal yang terasa berat. Di bulan Ramadhan ini, saatnya menyingkirkan semua rasa malas. Ada banyak sekali ceramah yang bisa kita dengarkan. Jika tidak sempat datang langsung ke pengajian, kamu bisa mendengarkan kultum atau kajian lewat televisi dan internet.

  1. Bersedekah

bersedekah

Sedekah adalah ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Allah sendiri sangat menyukai dan memuliakan orang yang gemar bersedekah. Sedekah dapat menghapus dosa, membuat kita mendapatkan naungan di hari akhir dan memberikan keberkahan pada harta yang kita miliki. Seperti ibadah lainnya, di bulan Ramadhan ini orang yang bersedekah juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah