Cerita #OrangBaik

Hadiah Rumah untuk Mbah Parno, Pengabdi Setia Masjid Istiqlal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Mbah Parno mendapatkan hadiah sebuah rumah dari Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-73 pada tanggal 4 Januari 2019 lalu. Hadiah tersebut diberikan atas pengabdian Mbah Parno kepada Masjid Istiqlal, Jakarta.

Suparno atau yang kerap disapa Mbah Parno telah mengabdikan dirinya selama puluhan tahun pada Masjid Istiqlal. Berawal dari seorang kuli pasir di kampung, Mbah Parno mengadu nasibnya di Jakarta sebagai kuli bangunan Masjid Istiqlal. Bisa dikatakan Mbah Parno adalah salah satu saksi awal mula didirikannya Masjid Istiqlal hingga sekarang.

 

Perjalanan Mbah Parno ke Jakarta

Hadiah Rumah untuk Mbah Parno, Pengabdi Setia Masjid Istiqlal
Sumber: Kemenag RI

Mbah Parno berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Keadaan ekonomi yang cukup sulit memaksa Mbah Parno merantau ke Purwakarta sebagai seorang kuli truk pasir saat masih remaja.

Setelah bertahun-tahun di Purwakarta, Mbah Parno pergi ke Jakarta bersama truk pasirnya. Setibanya di Jakarta, Mbah Parno melihat adanya proyek pembangunan di daerah bekas Taman Wilhelmina. Proyek besar tersebut adalah pembangunan Masjid Istiqlal.

Baca juga:
Semangat Dadang Dirikan Yayasan Mentari Hati
Kebaikan Hati AIPDA Turono

 

Keikutsertaan Mbah Parno dalam Pembangunan Masjid Istiqlal

Hadiah Rumah untuk Mbah Parno, Pengabdi Setia Masjid Istiqlal
Sumber: IDN Times

Mbah Parno akhirnya memutuskan untuk menjadi kuli pembangunan Masjid Istiqlal. Meskipun melelahkan, Mbah Parno selalu cekatan dan sigap dalam melakukan pekerjaannya. Ia merasa senang karena bisa terlibat dalam proses pembangunan masjid tersebut.

Tak lama setelah Masjid Istiqlal berdiri dan siap digunakan, Mbah Parno diangkat menjadi pegawai masjid dengan tugas utama mengantar surat. Sebelumnya, Mbah Parno juga pernah menjadi pelayan arsitek Masjid Istiqlal, Frederich Silaban.

Namanya untuk menyambung hidup, apa saja saya lakukan yang penting halal.

Baca juga:
Medali Ryuji untuk Adit
Eko Setyo Asih, Mengabdikan Dirinya untuk Anak Berkebutuhan Khusus

 

Pengabdian Mbah Parno untuk Masjid Istiqlal

Hadiah Rumah untuk Mbah Parno, Pengabdi Setia Masjid Istiqlal
Sumber: Kemenag RI

Mbah Parno dan keluarga saat ini tinggal di Kemayoran. Setiap harinya Mbah Parno berjalan kaki dari rumahnya menuju Masjid Istiqlal. Meskipun menempuh jarak kurang lebih 4 km, Mbah Parno tetap semangat dan tidak pernah mengeluhkan pekerjaannya.

Mbah Parno sudah tidak diwajibkan datang setiap hari oleh pihak masjid, mengingat usianya yang sudah menginjak 90 tahun. Ia hanya diwajibkan datang seminggu satu kali. Namun, Mbah Parno tetap datang setiap harinya untuk membantu merapikan barisan solat Masjid Istiqlal.

View this post on Instagram

Kakek Ini Sangat Berjasa Untuk Masjid Istiqlal . Mbah Parno adalah saksi hidup pembangunan Masjid Istiqlal. Selama 66 tahun, ia telah mengabdikan diri di Masjid Istiqlal, mulai jadi kuli bangunan, pelayan arsitek Istiqlal, sampai jadi pengantar surat. Bahkan di usia senjanya, Mbah Parno tetap semangat bekerja di Masjid Istiqlal untuk membantu merapikan barisan shalat. . "Saya ikhlas kerja di Istiqlal karena bisa shalat berjamaah, saya cuma mengharap ridha Allah," kata Mbah Parno. Karena pengabdiannya, @kemenag_ri memberikan rumah untuk Mbah Parno dan keluarganya. . Tentu ada banyak pengurus masjid inspiratif seperti Mbah Parno. Mari bantu lebih banyak lagi pengurus masjid seperti Mbah Parno melalui aplikasi Kitabisa. Caranya, klik: bit.ly/aplikasikitabisa . . Di Hari Jumat yang penuh berkah ini, mari kita balas kebaikan Mbah Parno dengan sebuah doa. Mari doakan Mbah Parno dengan cara, ketik: "Sehat Selalu Mbah" di kolom komentar! . Kata adalah doa. Komentarmu akan menjadi doa yang sangat berarti bagi Mbah Parno. . #marbotmasjid #masjidistiqlal #kemenag #JumatBerkah #kitabisa #orangbaik

A post shared by Kitabisa.com (@kitabisacom) on

 

Hadiah Kecil untuk Pengabdian Mbah Parno

Hadiah Rumah untuk Mbah Parno, Pengabdi Setia Masjid Istiqlal
Sumber: Kemenag RI

Mendengar semangat Mbah Parno, Kementerian Agama RI memberikan sebuah hadiah untuk beliau. Pada Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama 2019, Mbah Parno mendapatkan berkah berupa sebuah rumah. Bantuan rumah yang berlokasi di Panorama Kemang, Desa Tegal, Parung, Bogor, Jawa Barat tersebut diberikan langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin pada hari Jumat 4 Januari 2019. Pihak Kementerian Agama RI menyatakan bahwa rumah ini adalah bentuk penghargaan atas kesetiaan Mbah Parno pada Masjid Istiqlal.

 

+++++

Jika kamu mengetahui sosok inspiratif yang sedang butuh bantuan, kamu bisa bantu mereka dengan cara galang dana di Kitabisa. Untuk buat galang dana, silakan klik: ktbs.in/galangdana

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons