Puasa

Manfaat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah Menurut Islam

Dalam ajaran Islam, Bulan Dzulhijjah menjadi salah satu waktu mulia yang sangat dinantikan. Selain pelaksanaan ibadah haji dan juga ibadah qurban, di bulan ini juga ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan. Dari beberapa puasa sunnah, puasa tarwiyah menjadi salah satu yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan.

 

Pengertian Puasa Tarwiyah

puasa tarwiyah adalah

Puasa tarwiyah adalah puasa sunnah tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 8 Bulan Dzulhijjah. Nama tarwiyah merupakan serapan dari kata dalam Bahasa Arab yaitu ‘tarawwa’ yang bermakna bekal air. Nama tersebut selaras dengan momentum yang terjadi pada tanggal 8 Bulan Dzulhijjah. Pada tanggal ini umat Islam yang sedang menjalankan ibadah haji membawa persediaan air zam-zam untuk bekal perjalanan dari Arafah menuju Mina.

Persediaan air zam-zam tersebut digunakan untuk minum pribadi dan juga untuk memberi minum unta yang dibawa. Air zam-zam biasa diletakan dalam wadah yang aman agar tidak tumpah.

Puasa tarwiyah hukumnya adalah sunnah, terlebih lagi untuk umat Islam yang tidak sedang menunaikan rukun ibadah haji. Namun umat Islam yang sedang menunaikan rukun ibadah haji tetap diperbolehkan untuk berpuasa apabila dirasa mampu. Jadi walaupun kamu masih berhalangan untuk menunaikan rukun Islam ke-5 ini, kamu masih tetap bisa beribadah melalui puasa sunnah. Hal ini juga bisa menjadi bukti bahwa Allah SWT Maha Adil kepada seluruh umatnya.

 

Ketentuan dan Tata Cara Menjalankan Puasa Sunnah ini

ketentuan puasa tarwiyah

Dalam menjalankan puasa sunnah, tentu kamu harus mengerti terlebih dahulu ketentuan dan tata caranya. Berikut tahapan berpuasa sunnah yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Membaca niat dengan sungguh-sungguh

    Membaca niat puasa tarwiyah harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan semata-mata karena Allah SWT. Kamu dianjurkan melafalkan niat di malam hari atau pada dini hari ketika menjalankan sahur.

  • Menjalankan sahur di akhir waktu

    Seperti dalam puasa-puasa lainnya, puasa sunnah ini menganjurkanmu untuk menjalankan sahur di akhir waktu. Sahur di akhir waktu hukumnya sunnah, jadi ketika kamu menjalaninya dengan ikhlas kamu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  • Menahan diri dari segala hal yang bisa membatalkan puasa

    Dari sebelum terbit fajar hingga terbenam matahari kamu harus bisa menahan diri dari segala hal yang berpotensi membatalkan puasa. Kamu tidak boleh makan atau minum, melakukan hubungan badan, mabuk-mabukan, dan hal lainnya.

  • Berbuka puasa dengan segera

    Setelah azan magrib berkumandang, kamu dianjurkan untuk segera melaksanakan buka puasa. Namun perlu diingat kamu tidak boleh buka puasa dengan makan dan minum secara berlebihan.

Jangan lupa untuk membaca doa sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

 

Keutamaan dan Manfaatnya dalam Islam

Dalam Islam tidak dijelaskan bahwa puasa sunnah ini memiliki keutamaan khusus layaknya puasa arafah. Walaupun tidak memiliki keutamaan khusus, tetapi puasa ini tetap baik untuk kamu laksanakan. 

Kamu bisa merujuk dari anjuran memperbanyak puasa sunnah sebelum Hari Raya Idul Adha, yaitu pada tanggal 1 hingga tanggal 9 Bulan Dzulhijjah. Dengan menjalankan ibadah puasa sunnah ini, kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Selain itu, dengan berpuasa sunnah kamu juga akan mendapatkan keberkahan hidup dan ridho dari Sang Pencipta.

Adapun manfaat lain yang bisa kamu rasakan apabila kamu menjalankan puasa sunnah ini dengan ikhlas, berikut beberapa diantaranya:

  • Belajar mengontrol hawa nafsu dan dijauhkan dari perilaku maksiat
  • Dapat menjadi peduli dan merasakan penderitaan atas keterbatasan yang dialami oleh fakir miskin
  • Bisa meneladani perilaku terpuji dari Nabi Muhammad SAW
  • Menjadi sehat dengan puasa, karena dengan puasa kamu bisa lebih mudah mengatur pola makan dan menghindari makanan tidak sehat
  • Merasakan ketentraman hati dan selalu merasa dekat dengan Allah SAW
  • Kamu yang sedang diet akan dimudahkan dengan puasa, karena terbukti efektif untuk membakar lemak

Selain menjalankan puasa tarwiyah dan puasa sunnah lain di Bulan Dzulhijjah, kamu juga bisa memperbanyak ibadah dengan berqurban. Kamu bisa berqurban dengan mudah di Kitabisa dan rasakan berbagai manfaatnya. 

qurban di daerah

Comments are closed.