Ramadhan

Malam Lailatul Qadar: Ciri-Ciri, Keutamaan, dan Amalan

Lailatul Qadar disebut sebagai malam seribu bulan. Malam yang hanya datang saat bulan Ramadhan. Sebenarnya, malam seperti apakah itu?

 

Maksud dari Malam Lailatul Qadar

lailatul qadar adalah

Pada bulan Ramadhan, terdapat satu malam yang ditunggu semua umat Islam. Malam yang penuh dengan keberkahan. Keutamaannya bahkan melebihi dari seribu bulan. Ini tentu sangat menggiurkan.

kamu ingin tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar itu? Dalam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan kata Rasulullah SAW. Petunjuk lain adalah malam-malam ganjil misalnya, malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27, ke-29 bulan Ramdhan.Seperti sabda Rasulullah SAW:

(Dia adalah) malam ke-27.” (HR. Abu Dawud)

Allah juga berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 185, “Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

 

Ciri-ciri Malam Seribu Bulan

  1. Suasana Pagi yang Tenang

    Ciri-ciri datangnya Lailatul Qadar adalah keesokan paginya memiliki suasana yang tenang.

  2. Sinar Matahari Cerah

    Ciri lainnya datang malam seribu bulan adalah keesokan harinya matahari bersinar dengan cerah, namun kamu tidak akan merasakan terik.

  3. Suhu Udara Stabil

    Keadaan pada malam seribu bulan adalah suhu udara stabil, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Langit bersih tanpa awan dan sejuk.

  4. Separuh Bulan Terlihat

    Bulan akan terlihat separuh di malam turunnya Lailatul Qadar.

 

Keutamaan Lailatul Qadar

keutamaan lailatul qadar

Pada malam seribu bulan, para malaikat datang ke Bumi. Mereka memberi syafaat kepada orang yang menghidupkan malam mulia ini. Saat malam ini pula, hamba-hamba-Nya yang meminta kelapangan rezeki dengan tulus akan diijabah doanya. 

Kesejahteraan dan ketenangan hidup akan diberikan kepada hamba yang rutin beribadah. Shalat wajib dan sunah tanpa putus, tadarus Al Quran, dan banyak beramal adalah amalan untuk mendapatkannya.

Allah juga membuka pintu maaf atas dosa para hamba-Nya pada malam mulia ini. Rasulullah bersabda, “Barang siapa shalat pada malam lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR. Imam Bukhari). Syaratnya adalah seseorang itu harus sungguh-sungguh dalam mendirikan shalat lail pada malam Lailatul Qadar. Allah akan jamin pengampunan atas dosanya. Allah gugurkan atas semua khilaf yang telah diperbuat selama hidup.

 

Amalan pada Malam Lailatul Qadar

amalan lailatul qadar

Selain keutamaan tadi, ketentuan rezeki juga akan kembali dicatat dan ditetapkan, bahkan ketentuan ajal. Apakah kamu ingin tahu amalanamalan malam Lailatul Qadar lain yang bisa dilakukan?

  1. Amalan Sholat

    Shalat wajib pastinya harus ditunaikan terlebih dahulu. Setelah itu, saat malam seribu bulan, ada shalat sunnah seperti tahajud. Shalat ini dikerjakan di sepertiga malam setelah bangun tidur. Ada juga shalat hajat yang bisa dilakukan yaitu shalat untuk meminta hajat kepada Allah SWT.

  2. Zikir

    Berzikir atau mengingat Allah adalah amalan dengan mengucapkan Takbir, Tahmid, Tasbih, Tahlil dan 99 Asmaul Husna

  3. Tadarus Al Quran

    Untuk menyambut datangnya malam Lailatul Qadar, kamu bisa membaca atau tadarus Al Quran. Keberkahan akan datang manakala memperbanyak bacaan kalam Allah SWT.

  4. Amalan Itikaf

    Itikaf adalah amalan untuk mendiami masjid dengan tujuan lebih dekat kepada Sang Pencipta di rumah-Nya. Amalan ini tidak wajib. Jadi saat terjadinya wabah, cukup banyak mengamalkan amalan yang bisa dikerjakan di rumah.

  5. Sholawat Atas Rasulullah SAW

    Dianjurkan untuk memperbanyak berselawat di malam datangnya seribu bulan.

  6. Bersuci Lahir Batin

    Amalan untuk menyambut datangnya malam seribu bulan adalah menyucikan diri. Bersuci bisa berupa mandi, berwudu dan memakai parfum.

  7. Amalan Berdoa

    Pada malam ini, banyak-banyak meminta hajat. Allah membuka pintu rahmat-Nya dan hamba-Nya dianjurkan untuk memanfaatkan momen ini. Semua doa akan diijabah, namun ada satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah.

    Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni. (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.”) (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Selamat mempersiapkan diri untuk berburu malam Lailatul Qadar!


Sempurnakan ibadah  lailatul qadar dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

3 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago